Tingkat Minat Baca, DPKD Bulukumba Sosialisasi Gemar Membaca

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID-- Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (DKPD)  Kabupaten Bulukumba gencar melakukan sosialisasi gemar membaca kepada masyarakat Bulukumba. Seperti yang dilakukan dalam kegiatan pengukuhan dan pelantikan Bunda Literasi Kecamatan se Kabupaten Bulukumba, di Kantor DKPD Bulukumba, Selasa 24 Oktober 2023.

Kegiatan tersebut dihadiri berbagai kalangan, termasuk tokoh masyarakat, penggiat literasi, dan tokoh pemuda Kabupaten Bulukumba. Kepala Bidang Perpustakaan, Suhriana Said mengatakan tujuan kegiatan tersebut untuk meningkatkan minat baca masyarakat Kabupaten Bulukumba.

"InsyaAllah DPKD Bulukumba akan berkeliling melakukan sosialisasi disetiap kecamatan. Kami berharap ini dapat menjadi langkah awal yang baik untuk mendorong minat baca masyarakat di Kabupaten Bulukumba dan berkomitmen untuk terus menggelar kegiatan serupa guna memperluas jangkauan literasi di Kabupaten Bulukumba," ujarnya.

 Pada kesempatan ini, Suhriana juga menjelaskan, terdapat 10 kecamatan dan 9 kelurahan yang dilantik menjadi Bunda Literasi. Namun Kecamatan Ujung Bulu yang baru dilantik. 

Lebih lanjut, Suhriana menambahkan, yang menjadi perhatian utama program ini adalah berdasarkan data dari Perpusnas, indeks minat baca di Kabupaten Bulukumba berada di posisi 51,77. Nilai tersebut yang akan ditingkatkan dari posisi sedang ke posisi tinggi. 

"Sasaran utama dalam Bunda Literasi ini yakni anak-anak usia dini. Apalagi anak-anak sekarang lebih mementingkan gadget daripada membaca/berliterasi. Jadi kami mengupayakan bagaimana perpustakaan bisa mengalihkan hal tersebut," tutupnya.(**)

Penulis: SumarniEditor: Suparman
  • Bagikan