Pj Bupati Sinjai Kunjungi Pengusaha Tembakau di Sinjai Borong

  • Bagikan

SINJAI, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Penjabat (Pj) Bupati Sinjai, T.R Fahsul Falah berkunjung ke usaha tembakau milik salah seorang warga di Desa Batu Belerang, Kecamatan Sinjai Borong, Umar (65).

Dalam kunjungannya, Pj. Bupati Sinjai meninjau langsung bagaimana proses produksi tembakau. Jumat, 3 November 2023 kemarin.

Beliau menilai usaha tembakau yang digeluti oleh petani yang ada di Sinjai Borong sudah cukup baik namun masih harus dikembangkan agar meningkatkan nilai jual tembakau tersebut.

“Sebagai dukungan pemerintah kabupaten, kita telah menyiapkan anggaran untuk tahun depan pembuatan rokok cerutu, makanya saya meminta kepada Dinas Perindag dan Dinas Pertanian Sinjai untuk berkolaborasi mewujudkan pembuatan rokok cerutu dari tembakau yang ada di Sinjai Borong”, tandasnya.

Apalagi Kata dia, jenis tembakau lokal yakni Tembakau Bondeng dan Pance yang ada di Sinjai Borong nantinya cocok untuk dibuat cerutu.

“Jika nantinya ini bisa kita lakukan tentu akan meningkatkan taraf perekonomian masyarakat," jelasnya.

Sementara pemilik usaha tembakau, Umar mengatakan hasil tembakau produksinya bukan hanya dipasarkan di Sinjai akan tetapi sampai diluar kabupaten seperti Soppeng, Gowa, Jeneponto, Bantaeng dan beberapa daerah lainnya dengan harga bervariasi sesuai kualitasnya.

Dalam kunjungannya, Pj Bupati Sinjai didampingi Kepala Disperindag dan Kepala Dinas Pertanian Sinjai. Hadir pula Camat Sinjai Borong dan Kepala Desa Batu Belerang. (mul/has/C)

  • Bagikan