Guru SMKN 11 Bulukumba Pelatihan Kompetensi Sosial Emosional

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Guru SMKN 11 Bulukumba, mengikuti pelatihan Kompetensi Sosial Emosional (KSE), Kamis, 16 November 2023. Pelatihan ini sebagai penguatan Komunitas Belajar (Kombel) Masseddi Paddissenneng.

Kepala SMKN 11 Bulukumba, Sayed Khaidir mengatakan, kurikulum pembelajaran sekarang ini terus mengalami perubahan dan penyempurnaan dari masa ke masa menuju ke arah yang lebih baik. Hal ini menjadi sebuah kebutuhan, mengingat perkembangan zaman yang juga berubah.

Kurikulum terus diadaptasi dan dikembangkan sesuai konten dan karakteristik siswa yang tentunya berbeda antara dulu dan sekarang. 

"Kurikulum terbaru saat ini adalah Kurikulum Merdeka. Pada Kurikulum Merdeka, kegiatan pembelajaran terpusat pada siswa (student centre). Siswa diberi keleluasaan untuk mengeksplorasi potensinya sedangkan pendidik atau guru berperan sebagai fasilitator," ungkapnya, Kamis 16 November 2023.

Lebih lanjut Sayyed menyampaikan, berubahnya paradigma ini tentu menuntut guru untuk terus mengembangkan kompetensi yang dimiliki. Khususnya dalam pengembangan keterampilan sosial emosional.

Keterampilan sosial emosional dapat diartikan sebagai keterampilan yang berhubungan dengan pengetahuan, belajar dan sikap mengenai aspek sosial dan emosional. 

"Tujuan kami melaksanakan ini untuk menyiapkan diri sebagai pendidik dan orang tua ke dua dari rumah, menyiapkan emosi dan mental yang sehat untuk menjadi teladan bagi siswa dalam pengembangan diri, pengetahuan, keterampilan dan attitude siswa," tuturnya.

Sayyed berharap kegiatan ini mampu lebih elegant dalam melakukan pendekatan sosial emosional baik kepada sesama pendidik, orangtua siswa, mitra dudika dan siswa serta alumni.(**)

Penulis: SumarniEditor: Suparman
  • Bagikan