Tingkatkan Kapasitas, Disparpora Gelar Pelatihan Pemandu Wisata Gua

  • Bagikan
Pelatihan pemandu wisata gua.

BULUKUMBA,RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Bulukumba, menggelar pelatihan pemandu wisata gua atau caving. Kegiatan tersebut berlangsung sejak 20 hingga 22 November.

Fungsional Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Disparpora Bulukumba, Andi Aryono mengatakan,.pelatihan ini terbagi atas dua sesi yakni indoor dan outdoor. 

"Indoor dilaksanakan di Hotel Agri, kemudian dihari kedua ini kegiatannya praktek lapangan. Rencana untuk kunjungan praktek lapangan untuk pelatihan pemandu wisata gua akan mengunjungi Gua Passea di desa wisata Andalan dan Gua Tatarayya di desa wisata Bira," terangnya, Selasa 21 November.

 Menurut Andi Aryono, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensi kepemanduan wisata gua bagi pemandu wisata.

"Pelatihan pemandu wisata gua bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, motivasi, dan kompetensi para pemandu wisata gua," jelasnya.

Peserta pada pelatihan ini sebanyak 40 orang yang terdiri dari anggota HPI, Pokdarwis dan Saka Pariwisata.

" Sasaran yang ingin dicapai adalah peserta mengetahui dan memahami keterampilan dasar dan lanjutan dalam kepemanduan wisata gua,"  tambahnya.

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Suparman
  • Bagikan