Buka Peluang Kerja Bagi Alumni Melalui Job Fair 

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- SMKN 11 Bulukumba sukses menggelar Job Fair 2023. Program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ini untuk memberi reaksi dari alumni alumni yang siap kerja dan terserap di dunia usaha dan industri. 

Kegiatan yang berlangsung akhir pekan lalu ini melibatkan puluhan  perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan di berbagai bidang. Pada kesempatan yang sama dilakukan penandatanganan kerja sama dengan penyedia tenaga kerja luar negeri tujuan Jepang sebanyak 300 orang untuk lulusan SMK.

Kepala SMKN 11 Bulukumba, Sayyed Khaidir mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu wujud dalam prakarsa perubahan sebagai sekolah industri. Sejak bediri tahun 2015, SMKN 11 Bulukumba telah menamatkan alumni ke-3. Di tahun 2020, sekolah ini mendapatkan status sekolah Remote Area atau 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terbelakang) oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel.

"Alhamdulillah di tahun 2021 berhasil menjadi SMK Pusat Keunggulan pertama di Kabupaten Bulukumba-Bantaeng," ucap Sayyedaq.

Lebih lanjut Sayyed menjelaskan, tujuan utama job fair adalah berpihak pada siswa dalam menyiapkan dunia kerja. Selain itu menggandeng dunia kerja untuk menyerap alumni.

"Selain itu juga sebagai promosi kepada masyarakat dan semua unsur bahwa dengan keterampilan yang dimiliki alumni SMK mampu mengantar siswa bekerja baik dalam negeri maupun luar negeri. Harapannya semoga kebijakan vokasi bisa lebih berpihak ke alumni dalam serapan lulusan melalui tracer study," tutupnya.(***)

Penulis: SumEditor: Suparman
  • Bagikan