MAS Darul Qalam dan Pemdes Kambuno Peringati HGN

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- MAS Darul-Qalam Kabupaten Bulukumba dan Pemerintah Desa Kambuno, Kecamatan Bulukumpa,  memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2023. Kegiatan berlangsung di lapangan madrasah, Sabtu 25 November 2023.

Kepala Desa Kambuno, Syahrullah Syam yang bertindak sebagai pembina upacata mengatakan,  tema HGN tahun 2023, "Guru Pembelajar, Bahagia Mengajar" mencerminkan potret guru yang transformatif. Kementerian Agama telah dan akan terus mengambil langkah signifikan demi memfasilitasi peningkatan kompetensi guru melalui program digital literacy, digitalisasi madrasah, dan bantuan pembelajaran digital. 

"Guru memegang peran penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, asesmen komprehensif, penjaminan mutu, dan tata kelola pendidikan. Sebab, pendidikan juga memiliki kapasitas untuk mentransformasi anak didik menjadi manusia yang tidak hanya memiliki pengetahuan yang luas, tetapi juga kepribadian yang kuat, kreativitas yang berkembang, dan moralitas yang terpuji," ucapnya.

Sementara itu, Kepala MAS Darul Qalam Bulukumba, Abdullah, menuturkan hanya orang-orang terbaiklah yang terpilih menjadi guru. Guru adalah profesi yang sangat agung dan bermartabat. Apresiasi tertinggi patut disematkan kepada guru-guru lndonesia. Guru lah pelita bangsa yang menjadi penerang dan sosok yang mencerahkan setiap generasi, mengantarkan kebangkitan dan kemajuan bangsa.

"Guru adalah mereka yang terus memberikan keteladanan di depan, menciptakan prakarsa dalam kebersamaan, dan memotivasi untuk terus berprestasi," tuturnya.

Abdullah juga menyampaikan, saat ini tantangan zaman kian kompleks. Guru ikut memikul tanggung jawab besar dalam membentuk generasi yang tangguh, sesuai dengan nilai-nilai agama dan budaya. 

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama kehadiran kecerdasan buatan seperti Chat GPT Artificial lntelligence (Al), menjadikan guru untuk terus menjadi pembelajar. Demi lahirnya anak bangsa yang mumpuni dalam merespons isu global masa kini.

"Diharapkan seluruh stakeholder baik di pemerintahan Desa maupun Madrasah agar  dapat mengembangkan potensinya sebagai implementasi semangat jiwa belajarnya menuju erah emas 2045," tutupnya.(**)

Penulis: SumEditor: Suparman
  • Bagikan