Pertama di Sulsel, Bulukumba Perkenalkan Program Informasi Desa

  • Bagikan
Kegiatan launching Info Pakde

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Kabupaten Bulukumba yang diwakili oleh Wakil Bupati Bulukumba, Andi Edy Manaf memperkenalkan program Informasi Perangkat Desa atau yang diberi nama Info Pakde, kegiatan berlangsung di Ballroom Hotel M-Regency, Kota Makassar, pada Jumat, 24 November 2023.

Program Info Pakde merupakan program yang diinisiasi oleh Kepala Bidang Humas dan Media, Dinas Kominfo dan Persandian Bulukumba, Andi Ayatullah Ahmad.

Andi Ayatullah Ahmad menjelaskan program Info Pakde ini dalam rangka memaksimalkan pengelolaan informasi dan dokumentasi terkait penyelenggaraan pemerintahan di tingkat desa.

Menurut Andi Ayatullah pengelolaan informasi dan dokumentasi merupakan bentuk dari keterbukaan informasi dalam penyelenggaraan pemerintahan sebagaimana di atur dalam Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Desa-desa yang ada di Kabupaten Bulukumba didorong untuk membentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Desa sebagai upaya dalam memaksimalkan KIP di tingkat pemerintah desa.

"Selain launching Info Pakde, Kepala Desa (Kades) serta perangkat desa yang hadir dalam kegiatan tersebut juga diberikan pelatihan khusus dalam pengelolaan informasi desa," kata Andi Ayatullah Ahmad.

Pelatihan berlangsung selama dua hari mulai Jumat, 24 November hingga Minggu, 26 November 2023. Para peserta diberikan materi oleh narasumber ternama yang memiliki kapasitas di bidangnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Bulukumba, Andi Edy Manaf, turut mendukung dan mengapresiasi realisasi program Info Pakde.

Menurut Edy Manaf, informasi merupakan kebutuhan pokok setiap orang bagi pengembangan diri dan lingkungan sosialnya termasuk di Desa.

Edy mengungkapkan bahwa Kabupaten Bulukumba adalah salah satu daerah yang pertama mempelopori semangat keterbukaan informasi dengan adanya Perda Transparansi dan Partisipasi pada tahun 2005, atau tiga tahun sebelum Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik disahkan.

"Saya kira Info Pakde inilah yang dicoba dibangun oleh pemerintah daerah melalui Dinas Kominfo bersama pemerintah desa untuk mewujudkan sebuah tata kelola pemerintahan yang baik di masa-masa mendatang," harapnya.

Edy Manaf menyatakan bahwa program pengelolaan informasi dan dokumentasi di tingkat desa secara menyeluruh di Kabupaten Bulukumba merupakan yang pertama kali di Sulsel.

"Saya harap kegiatan ini tidak menjadi kegiatan seremonial belaka, namun terus dipertahankan dan ditingkatkan," imbuhnya. ***

  • Bagikan