Relawan Gesit Bulukumba Terbentuk, Siap Jadi Jembatan Kebaikan

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Salam Setara Sulsel membentuk relawan Gesit Bulukumba, Sabtu 25 November 2023. Pelantikan dirangkaikan orientasi yang berlangsung di Cafe Circle Bulukumba.

Koordinator Pengurus Salam Setara Sulsel, Muhammad Wafiq mengatakan, Gesit merupakan lembaga kemanusiaan yang bergerak di semua bidang. Pembentukan pengurus di Bulukumba bertujuan untuk membentuk jejaring yang lebih luas.

Dengan terbentuknya pengurus di daerah, kehadiran lembaga ini semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Misalnya di Bukukumba, Bantaeng, Sinjai, Jeneponto, dan Takalar.

"Urgensi kerja sama relawan gesit Bulukumba dalam menjembatani berbagai program kebaikan yang menjadi fokus hadirnya Relawan Gesit. Diharapkan agar para relawan gesit dapat bersinergi secara efektif, menjadi tulang punggung dalam mewujudkan perubahan positif, dan memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan sosial di Bulukumba," ujarnya.

Sebanyak 25 peserta yang terpilih sebagai pengurus Relawan Gesit Bulukumba. Muh. Rafliansyah S, yang ditugaskan sebagai ketua umum, Wahyuni Ramadhani Umar sebagai sekretaris, dan Fadiatul Ramadani sebagai bendahara.

Terpisah, Takdir, Ketua Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Sulawesi-Selatan, yanh hadir senagai  narasumber memberikan wawasan mendalam tentang tanggung jawab relawan dalam menghadapi situasi darurat. Ia juga memberikan pesan inspiratif, mengingatkan bahwa menjadi seorang relawan tidak hanya memerlukan semangat, tetapi juga keluwesan hati (ikhlas) dan daya tarik pribadi (menawan).

"Sebagai seorang relawan, tidak bisa hanya mengandalkan semangat saja. Perlu menjadi manusia yang rela (ikhlas) dan menawan (dengan penampilan yang baik dan sopan, serta pengetahuan yang memadai)," tutur

Takdir, menekankan keseimbangan antara semangat, integritas, dan pengetahuan menjadi kunci kesuksesan relawan. 

"Dengan demikian, orientasi relawan gesit Bulukumba tidak hanya menjadi acara pembuka, tetapi juga pijakan kokoh untuk langkah-langkah positif menuju kesejahteraan masyarakat Bulukumba," tutupnya. (sum)

  • Bagikan