Riset SMAN 3 Bulukumba Terbaik Nasional *Diabadikan dalam Buku Ilmiah Populer Kemen-PUPR

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Tim SMA Negeri 3 Bulukumba terpilih sebagai salah satu dari 6 tim Peneliti Belia se Indonesia. Hasil riset atau penelitian yang ditawarkan mengenai solusi penanganan krisis air bersih di Indonesia dan diabadikan dalam buku ilmiah populer, Kementrian PUPR.

Tim tersebut terdiri dari tiga orang, yakni Mira'tul Munirah Darman Kelas XII MΙΑ 1, Suci Maghfira Kelas XII MΙΑ 4, dan Suci Ramadhani Kelas XII MIΙΑ 2. Mereka mengusung judul riset, Potensi Kulit Buat Maja Sebagai Media Absobsi Logam Timbal Air (Pb) Pada Air.

Pembina, Riswanto menjelaskan, sebelumnya ada tahapan lomba Karya Ilmiah Bidang Sumber Daya Air tingkat SMA. Tahapan ini sekaligus  menyeleksi hasil penelitian siswa yang bisa menjadi referensi Bagian Riset dan Inovasi Kementerian PUPR untuk keberlangsungan Sumber Daya Air (SDA) di masa yang akan datang.

"Pertama seleksi administrasi, kemudian seleksi proposal sebanyak 5.000-an karya siswa se Indonesia yang mendaftar," bebernya.

Riswanto menjelaskan, setelah seleksi proposal, terpilih 20 hasil penelitian terbaik. Kemudian pada seleksi presentasi secara online, terpilih enam hasil penelitian yang akan diabadikan dalam buku ilmiah Populer Kementerian PUPR.

"Alhamdulillah, karya tim SMAN 3 Bulukumba terpilih di antara enam tersebut. Dengan pencapaian ini siswa kami mendapatkan hadiah dari Kementerian PUPR berupa uang tunai dan sertifikat nasional," tambahnya.

Riswanto mengaku sangat bangga dengan usaha siswanya.  Apalagi hasil riset mereka berkontribusi untuk kemajuan bangsa di masa yang akan datang.

"Namanya akan abadi sebagai peneliti beliau yang memberikan manfaat bagi dunia dan Indonesia khususnya," tutupnya.(***)

Penulis: SumEditor: Suparman
  • Bagikan