TK Pembina Ujung Bulu Terpilih  Buat Video IKM

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Taman Kanak-Kanak (TK) Negeri Pembina Ujung Bulu, Kabupaten Bulukumba terpilih sebagai

pembuat video praktik Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Sekoalh ini ditunjuk langsung oleh Kementerian Pendidikan, kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

"Tentu kami sangat bangga dan bersyukur atas prestasi gemilang ini. Pasalnya, hanya enam PAUD yang terpilih se Indonesia dan TKN Pembina Ujung Bulu salah satunya," kata Kepala TK Negeri Pembina Ujung Bulu, Edawaty, Senin 27 November 2023.

Edawaty menjelaskan, dalam proses pembuatan video tersebut, melibatkan tim produksi dari Kemendikbudristek. Tim ini telah disiapkan untuk melakukan syuting pada saat proses belajar di kelas dan di kebun sayur.

"Kategori video yang ditampilkan sekolah kami berupa drama play, dengan tema Proses Refleksi Pembelajaran TK Negeri Pembina Ujung Bulu,yang mana berisi cerita tentang pendidik dan peserta didik di dalam kelas," bebernya.

Eda sapaan akrabnya menambahkan, dalam video tersebut pendidik mengenalkan tema makhluk hidup dan lingkungan sekitarnya dengan objek sayuran. Aktivitas yang guru berikan dalam kelas yaitu mengenalkan berbagai jenis gambar sayuran dengan menggunakan LCD. 

"Setelah itu, anak diajak untuk membuat jenis sayuran dari media loose part," jelasnya.

Eda juga menuturkan mengenalkan jenis sayuran dari media loose part membuat beberapa peserta didik tidak antusias menyelesaikan tugasnya. Sehingga untuk merefleksi kegiatan pembelajaran yang kegiatannya dapat menarik minat belajar peserta didik, maka pendidik mengajak ke kebun sayuran untuk melihat langsung jenis tanaman sayuran yang ada di kebun.

"Dari kegiatan itu, murid kami sangat antusias dan merasa gembira. Sehingga pada saat guru mengadakan refleksi kegiatan pembelajaran pada akhir kegiatan,murid dapat menceritakan pengalamannya apa yang dilihat dan dirasakan," tutupnya.(**)

Penulis: SumEditor: Suparman
  • Bagikan