BREAKING NEWS: Massa Padati Kantor ATR/BPN Bulukumba, Tolak Pembaharuan HGU Lonsum

  • Bagikan
Aksi demonstrasi AGRA Bulukumba di Kantor ATR/BPN Bulukumba menuntut HGU PT.Lonsum tidak diperbaharui

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Ratusan massa dari Aliansi Gerakan Reforma Agraria (AGRA) menggelar aksi unjuk rasa menolak pembaharuan Hak Guna Usaha (HGU) PT.Lonsum. Aksi sementara berlangsung di Kantor ATR/BPN Bulukumba, Senin, 15 Januari 2024.

Aktivis AGRA, Awal Radja selaku koordinator aksi mengungkapkan bahwa pihaknya menyayangkan sikap pihak ATR/BPN yang selama ini tidak transparan dalam proses pembaharuan HGU.

"Sangat disayangkan karena ATR/BPN tidak sama sekali mempertimbangkan dokumen klaim oleh warga yang berada dalam HGU PT. Lonsum," sesal Awal saat membuka dalam orasi pembukanya.

"ATR/BPN cenderung menutup informasi, padahal faktanya saat ini Panitia B sudah terbentuk," tambahnya.

Awal menegaskan apabila ATR/BPN terus melanjutkan proses pembaharuan HGU PT.Lonsum tanpa mempertimbangkan tuntutan masyarakat, maka sesungguhnya ATR/BPN  telah melakukan pelanggaran HAM dan membiarkan konflik agraria berkepanjangan di Kabupaten Bulukumba.

Sampai saat ini aksi berjalan dengan kondusif, sejumlah aparat pengamanan baik itu yang berpakaian lengkap maupun yang berpakaian biasa diturunkan untuk mengawal aksi demonstrasi.****

  • Bagikan