Hadapi Penilaian Adipura, Pemkab Sinjai Gelar Rakor

  • Bagikan

SINJAI, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Adipura adalah sebuah penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Untuk menghadapi penilaian Adipura ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai menggelar rapat koordinasi (rakor) yang dipimpin langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Andi Jefrianto Asapa di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai, Jumat, 26 Januari 2024 pagi.

Lewat kesempatan ini, Andi Jefri menuturkan bahwa pertemuan ini sebagai langkah awal untuk menyusun strategi yang efektif dalam menghadapi penilaian Adipura.

“Rakor persiapan yang kita laksanakan hari ini tentunya berdasarkan dari hasil survei mandiri yang kita lakukan, ada beberapa poin yang harus dipenuhi agar Pemerintah Kabupaten Sinjai bisa kembali meraih Piala Adipura,” tutur Sekda Sinjai.

Di hadapan peserta rakor, Sekda Sinjai menekankan pentingnya kerjasama seluruh elemen pemerintahan dan masyarakat dalam menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan.

“Tentunya kami dari Pemerintah Kabupaten Sinjai berkomitmen untuk terus melakukan upaya maksimal untuk memenuhi indikator-indikator penilaian Adipura,” tegasnya.

Sesuai informasi yang dihimpun, penilaian Adipura di Kabupaten Sinjai diperkirakan akan berlangsung pada tanggal 31 Januari atau 1 Februari 2024 mendatang.

Hadir dalam rakor ini Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab. Sinjai, Drs. A. Ilham Abubakar, Staf Ahli Bupati Bidang Sosial dan SDM Setdakab Sinjai, Andi Mandasini, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kab. Sinjai, H. Sofwan SabirinTurut hadir para kepala OPD terkait, camat, lurah, kepala sekolah dan tokoh masyarakat yang memiliki peran penting dalam penilaian Adipura ini.

Sebelumnya, Kabupaten Sinjai telah meraih Piala Adipura sebanyak 2 kali, pertama kali diraih pada tahun 2010 lalu semasa Andi Rudiyanto Asapa menjabat sebagai Bupati Sinjai.

Kemudian Piala Adipura yang kedua diraih pada tahun 2019 dimasa kepemimpinan Bupati Sinjai periode 2018-2023, Andi Seto Gadhista Asapa. (mul/has/B)

Penulis: MAULANA RAHIM Editor: HASWANDI ASHARI
  • Bagikan