Rp 10,8 Miliar Hadiah Ultah dari Pemprov

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pj Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Bahtiar Baharuddin memberikan hadiah ulang tahun untuk Kabupaten Bulukumba senilai kurang lebih 10,8 miliar rupiah.

Bantuan itu diserahkan secara simbolis pada puncak perayaan Hari Jadi Bulukumba ke-64 di Lapangan Pemuda Bulukumba, Minggu, 4 Februari 2024.

Bantuan untuk dua program, yakni program peningkatan produktifitas nelayan dan petani rumput senilai 5,2 miliar antara lain, rumpon, rumah ikan, terumbu buatan, asuransi nelayan, dan sarana budidaya rumput laut, senilai 5,2 miliar rupiah.

Selanjutnya, bantuan untuk peningkatan ketahanan pangan berupa bibit pala, bibit kopi, bibit kakao, dan pupuk pala (trubus), senilai 5,6 miliar rupiah.

Dalam sambutannya, Pj. Gubernur menyampaikan selamat Hari Jadi Kabupaten Bulukumba yang ke-64 tahun.

Bahtiar juga menyampaikan bahwa Kabupaten Bulukumba merupakan salah satu daerah terbaik di Sulawesi Selatan, baik itu segi ketahanan pangan, maupun dari pembangunan infrastruktur.

"Selama bertugas sebagai Pj Gubernur saya sudah keliling ke 24 Kabupaten/Kota di Sulsel. Saya sudah lihat Sulsel baik dari darat maupun dari udara. Dan harus kita akui salah satu daerah yang pertumbuhannya baik, pembangunannya maju, terus terang melampaui harapan saya, yang luar biasa kemajuannya adalah Kabupaten Bulukumba," ungkap Gubernur.

Menurut Bahtiar meski tidak memiliki tambang, namun Kabupaten Bulukumba memiliki potensi di sektor pariwisata dan Kebudayaan. Dan jika mampu dikelola dengan baik maka ke depannya Kabupaten Bulukumba akan lebih maju.

"Ada banyak negara di dunia yang maju bukan karena hasil tambang, tapi dia hebat karena punya tourism. Tourism itu harus didukung dengan budaya dan kesenian. Maka kebudayaan dan kesenian yang ada di Bulukumba seperti yang ditampilkan tadi menunjukkan Kabupaten Bulukumba telah siap memasuki era baru menjadi daerah wisata tujuan nasional maupun internasional," ungkapnya.

Bahtiar mencontohkan Itali, negara yang maju karena pariwisata. Menurutnya jika suatu daerah ingin menarik investasi, maka investasi terbesar dan tercepat yakni di sektor pariwisata. Dan Kabupaten Bulukumba sangat potensial untuk itu.

Sebelumnya, Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf dalam sambutannya juga menyampaikan terimakasih kepada Pj. Guberbur Sulsel yang telah hadir dan memeriahkan Hari Jadi Bulukumba ke-64.

"Mewakili pemerintah daerah dan masyarakat Bulukumba, Kami menyampaikan terima kasih dan selamat datang kepada Bapak Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan dan rombongan, serta para tamu kami yang terhormat dari luar Kabupaten Bulukumba," ucap Andi Utta.

Andi Utta menyampaikan, suatu kehormatan karena hari ini menjadi momentum pertama bagi Bahtiar Baharuddin selaku Pj menghadiri peringatan Hari Jadi Kabupaten Bulukumba.

"Kami yakin dan percaya bahwa Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan terus memberikan perhatian terhadap pembangunan Kabupaten Bulukumba," ungkap Andi Utta.Sudah terbukti, kata Andi Utta, Program Prioritas Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan saat ini sejalan dengan program strategis Pemerintah Kabupaten Bulukumba, yaitu memperkuat ketahanan dan kedaulatan pangan melalui program bibit unggul pertanian dan perkebunan.

Begitu pula di sektor perikanan kelautan, Pemerintah Provinsi kembali memberikan bantuan keuangan tahun anggaran 2024 untuk menyelesaikan pembangunan kolam labuh Bentenge.

"Dukungan Pemerintah Provinsi tentu sangat penting, oleh karena Bulukumba merupakan salah satu sentra pertumbuhan ekonomi di selatan Sulawesi Selatan," ujarnya.

Di akhir sambutannya, Bupati juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan Kabupaten Bulukumba menjadi daerah yang kuat baik itu dari sektor ekonomi, sosial, dan kebudayaan.

"Selamat Hari Jadi Kabupaten Bulukumba ke 64 tahun 2024. Bersama Lebih Kuat untuk Bulukumba tercinta. Kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan dekarang kapan lagi. Masseddi mattettongeng ri tana pappojingetta Bulukumba panrita lopi.

We Love Bulukumba. Terima kasih," tukasnya. (ewa/has/B)

Penulis: BASO MAREWA Editor: HASWANDI ASHARI
  • Bagikan