Usai Verifikasi, Alat UKK SMKS Pepabri Dinilai Sangat Layak

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Kepala Seksi (Kasi) Pembinaan SMK Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V Bantaeng, Bulukumba dan Sinjai Abdul Sattar, melakukan verifikasi alat sebagai persiapan pelaksanaan uji kompetensi di SMKS Pepabri Kabupaten Bulukumba, Selasa, 20 Februari 2024.

Dalam verifikasi tersebut, Kasi SMK Abdul Sattar didampingi Kepala SMKS Pepabri Bulukumba H. Samsul Bahri, Ketua Kaprodi Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) Muhammad Yusuf dan Ketua Panitia UKK Irfan Setiawan.

Abdul Sattar menjelaskan dalam verifikasi yang menjadi indikator penilaian kelayakan Tempat Uji Kompetensi (TUK) dimulai dari sarana dan prasarana, penguji eksternal maupun internal, serta persyaratan pendukung lainnya untuk memenuhu standar Tempat Uji Kompetensi Keahlian.

"Dari hasil verifikasi kami peralatan sangat layak dan baik," ungkapnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan UKK merupakan bagian dari intervensi pemerintah dalam menjamin mutu pendidikan pasa satuan pendidikan Sekolah Menegah Kejuruan (SMK).  

"Tujuan dari diselenggarakannya Uji Kompetensi Keahlian (UKK) adalah untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa SMK yang telah menyelesaikan proses pembelajaran sesuai kompetensi keahlian yang ditempuh. Maka UKK  adalah program yang wajib dilaksanakan oleh instansi pendidikan khususnya SMK," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Irfan Setiawan menyampaikan untuk pelaksanaan UKK jurusan TKRO peserta didik yang akan ikut sebanyak 18 orang. Untuk pengujinya nanti yakni dari Toyota sebagai salah satu Mitra DUDI SMKS Pepabri Bulukumba.

"Kami berharap semua peserta UKK jurusan TKRO berhasil lulus kompeten sehingga melahirkan alumni SMKS Pepabri siap bekerja  dan berwirausaha," tutupnya. (sum/has/B)

  • Bagikan