Mulai Besok Polisi Gelar Operasi Lalulintas, Ini Lima Jenis Pelanggaran yang Disasar

  • Bagikan
Pemasangan pita operasi oleh Kapolres Bulukumba kepada pasukan Operasi Pallawa 2024

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Operasi keselamatan Pallawa dan pencanangan aksi keselamatan jalan tahun 2024 di Kabupaten Bulukumba dimulai pada Senin, 4 Maret 2024.

Kapolres Bulukumba, AKBP Andi Erma Suryono menyampaikan bahwa operasi tersebut merupakan operasi rutin kepolisian di bawah jajaran Polda Sulsel yang akan berlangsung selama 14 hari terhitung mulai 4 Maret hingga 17 Maret 2024 mendatang.

AKBP Andi menjelaskan operasi tersebut bertujuan sebagai upaya dalam pemeliharaan kamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas).

Dalam pelaksanaan operasi petugas akan melakukan tindakan dengan mengedepankan kegiatan preemtif 40 persen dan preventif 40 persen serta didukung dengan penindakan hukum (Gakkum) 20 persen.

Sasaran dalam operasi tersebut yakni meliputi segala bentuk potensi gangguan (PG) yang dapat berpotensi terjadinya kemacetan, pelanggaran lalu lintas, dan kecelakaan lalu lintas. Terdapat lima jenis pelanggaran berlalu lintas yang menjadi sasaran prioritas.

Pertama, kendaraan bermotor yang menggunakan knalpot tidak sesuai pabrikan. Kedua, kendaraan bermotor yang tidak standar pabrikan, menambah panjang rangka atau merubah spektek dan kendaraan barang yang over dimensi dan over loading.

Ketiga, kendaraan bermotor pribadi yang menggunakan sirine, rotator dan atau strobo bukan pada peruntukannya. Keempat, Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) yang tidak sesuai dengan aturan atau spektek.

Dan kelima, pengemudi atau pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan Helm SNI.

Kapolres juga menyampaikan bahwa operasi ini bertujuan sebagai upaya menurunkan angka pelanggaran lalu lintas, meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta terwujudnya situasi Kamseltibcarlantas yang aman, nyaman dan selamat dalam rangka cipta kondisi jelang idul Fitri 1445 H 2024.

"Kami berharap kegiatan operasi ini dapat memberikan dampak positif terhadap terciptanya situasi Kamseltibcarlantas yang kondusif aman, nyaman dan selamat yang dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat," kunci Kapolres.

Diketahui, apel gelar pasukan operasi Pallawa 2024 telah digelar di halaman upacara Mapolres Bulukumba, pada Sabtu, 2 Maret 2024

Pada apel yang dipimpin langsung oleh AKBP Andi Erma Suryono itu diikuti oleh peserta dari anggota Kodim 1411/Blk, Personel Satlantas Polres Bulukumba, Satpol-PP/Damkar, serta anggota Dishub Kabupaten Bulukumba.

Selain itu, juga diikuti oleh komunitas motor N-Max (YNCI) dan komunitas nobil Honda CRV Generasi 3 Kabupaten Bulukumba, serta sejumlah pelajar mulai dari SD, SLTP, SMA hingga mahasiswa.

Dimulainya Operasi ditandai dengan pemasangan pita operasi oleh Kapolres Bulukumba kepada perwakilan yang ditunjuk yakni dari TNI, Polri, Satpol-PP dan Dishub.

Usai apel gelar kegiatan dilanjutkan dengan penyamatan Pin Pelopor keselamatan berlalulintas oleh Kapolres Bulukumba kepada perwakilan komunitas dan pelajar. Serta pembacaan deklarasi keselamatan berlalulintas oleh para perwakilan.***

  • Bagikan