Kerjasama Warga, Pemdes Benteng Palioi Rintis Jalan Tani

  • Bagikan
Aktivitas warga di Desa Benteng Palioi, Kecamatan Kindang.

KINDANG, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Desa Benteng Palioi, Kecamatan Kindang, memprogramkan perintisan jalan tani. Pembangunan infrastruktur jalan tani ini dilakukan melaui kerjasama dengan warga setempat.

Kepala Desa Benteng Palioi, Syarifuddin mengatakan, jalan tani ini dibangun di Dusun Palioi, sepanjang satu kilometer. Pembangunannya telah selesai dilakukan.

“Perlu kami sampaikan bahwa pada proses pembangunannya secara swadaya, warga menghibahkan lahannya serta pengerjaannya juga dilakukan oleh warga,” katanya, Minggu, 17 Maret 2024.

Menurutnya, pembangunan jalan tani bertujuan memudahkan akses petani dalam mengangkut bibit ataupun hasil pertanian. Sehingga dengan adanya jalan tani, maka kendaraan bisa sampai di lokasi pertanian.

“Warga tidak lagi harus mengangkut hasil pertaniannya dengan cara dipikul, karena akses kendaraan sudah disediakan. Sehingga pengangkutan hasil pertanian lebih cepat,” jelasnya.

Syarif menambahkan, dengana adanya jalan tani, maka kawasan pemukiman yang baru bisa terbentuk di Desa Benteng Palioi. Karena salah satu pendukung  kawasan pemukiman adalaha  akses jalan.

“Tidak menutup kemungkinan akan ada warga yang membangun rumah di sekitar lokasi jalan tani yang telah dibangun, karena akses jalannya sudah tersedia. Tinggal nantinya pemerintah desa menindaklanjuti peningkatan infrastrukturnya, misalnya pengerasan,” tutupnya. (ria/has/B)

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan