Pelatihan Penguatan Ketahanan Pangan dan Pengolahan Pakan Ternak

  • Bagikan
Penyuluhan dan peguatan ketahanan pangan di Bira, Kecamatan Bontobahari

BONTOBAHARI,RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Desa Bira, Kecamatan Bontobahari, telah melaksanakan kegiatan penyuluhan dan pelatihan penguatan ketahanan pangan untuk pendayagunaan sumber daya perikanan dan peternakan yang berkelanjutan. Kegiatan ini berlangsung di Kantor Desa Bira, belum lama ini.

Pada pelaksnaan kegiatan ini, Pemerintah Desa Bira, menghadirkan narasumber dari Kepala UPT Pembibitan Ternak dan Hijauan Pakan Ternak Ir. Suriya Darma dan Kepala Bidang Perikanan Tangkap dari Dinas Perikanan Yusli Sandi.

Adapun materi yang disampaikan oleh Yusli Sandi tentang penangkapan ramah lingkungan dengan menggunakan rumpon. Pada pemaparan materinya, Yusli menyampaikan bahwa ada beberapa jenis rumpon sebagai alat tangkap ikan yang biasa digunakan diantaranya rumpon dasar, rumpon layang dan rumpon permukaan (portable).

"Ketiga jenis rumpon ini masing-masing memiliki fungsi, kelebihan dan kekurangan. Pengggunaan rumpon sebagai alat bantu pada operasi penangkapan justru dapat meningkatkan hasil tangkapan nelayan,” katanya.

Sementara itu Suriya Darma, menyampaikan untuk menghasilkan bibit kambing yang baik perlu memperhatikan beberapa hal seperti jenis kambing, perkandangannya, kesehatan hewan ternak, pakan dan lainnya. Hal itu perlu diperhatikan agar menghasilkan calon bibit yang bagus dan baik.

“Mengenai pakan ternak tersebut selain pengolahan dengan metode fermentasi yang pernah dipraktekan, pakan ternak juga bisa dilakukan dengan melalui metode mengawetkan pakan. Melalui metode ini tentunya memiliki peranan penting dalam mengatasi kekurangan pakan saat musim kemarau,” jelasnya.

Adapun tujuan diadakannya pelatihan ini tentunya untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat dalam penangkapan ikan yang ramah lingkungan serta pengolahan pakan ternak yang lebih baik lagi. 

Sehingga ke depannya berpotensi mampu memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan peternakan yang berkelanjutan di wilayah Desa Bira terlebih lagi Desa Bira dikenal sebagai Desa Wisata.

Sekadar informasi Hadir pada kegiatan tersebut Camat Bontobahari Andi Syamsir Achyat Patunru, Sekretaris Desa Masnadi, Perangkat dan Staf serta para Kelompok Ternak dan Kelompok Nelayan Desa Bira. (ria/has/B)

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan