Salurkan BLT-DD Tahap Pertama, Pemdes Tugondeng Alokasikan Rp 12 Juta

  • Bagikan
Penyaluran BLT-DD tahap pertama di Desa Tugondeng, Kecamatan Herlang.

HERLANG, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Desa Tugondeng, Kecamatan  Herlang, telah menuntaskan penyaluran BLT-DD (Bantuan Langsung Tunai Dana Desa) tahap pertama. Penyaluran BLT-DD tahap pertama yang dimaksud adalah, bantuan untuk bulan Januari dan Februari.

Kepala Desa Tugondeng, Sirajuddin mengatakan, tercatat ada 20 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) untuk BLT-DD tahun. Penetapan KPM tentunya berdasarkan musyawarah desa.

“Sebelum kami menetapkan KPM, jadi ada pengusulan nama-nama calon KPM. Kemudian nama-nama ini kami verifikasi untuk menentukan layak tidaknya mendapat bantuan, setelah itu barulah kami musyawarah desa,” katanya, Minggu, 17 Maret 2024.

Menurutnya, dari 20 KPM ini, untuk tahap pertama ini jumlah anggaran yangb dialokasikan ole Pemerintah Desa Tugondeng sebesar Rp 12 juta.

“Karena rinciannya Rp 300.000 per bulan, dan yang kami salurkan ditahap pertama ini selama dua bulan. Jadi masing-masing KPM menerima bantuan dana sebesar Rp 600.000,” jelasnya.

Sirajuddin menambahkan, BLT-DD ini disalurkan selama setahun, bantuan ini  merupakan upaya pemerintah dalam  mengatasi kemiskinan ekstrim.

“Olehnya itu kami sangat mengharapkan agar para KPM memanfaatkan dengan baik bantuan dana yang diterimanya, digunakan untuk membeli sembako, atau bisa juga utuk dijadikan modal usaha,” tutupnya. (ria/has/B)

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan