Tingkatkan Kapasitas Posyandu Melalui Pelatihan

  • Bagikan
Pelatihan kader Posyandu di Desa Bira, Kecamatan Bontobahari.

BONTOBAHARI, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Desa Bira, Kecamatan Bontobahari melaksanakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu yang berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bulukumba. Kegiatan tersebut berlangsung di kantor desa setempat, belum lama ini.

Pada pelaksanaan kegiatan ini, Pemerintah Desa Bira menghadirkan lima narasumber yang ahli dalam bidangnya dari Dinas Kesehatan yaitu Nur Isdah,S.ST,SKM.M.Kes, Indrayana,SKM,M.Kes, Hj. Wahidah S.Kep,Ners,M.Tr, Rukiah,S.ST, M.Kes dan Andi Dewi Ratu S.STP, M.AP dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD).

Adapun materi yang disampaikan yakni pengelolaan Posyandu yang meliputi pelayanan Posyandu dalam kunjungan ke rumah sasaran dan pola pengasuhan bayi dan balita berupa gizi untuk bayi dan balita.

"Kemudian juga ada materi kebijakan integrasi layanan primer Posyandu, usia sekolah dan remaja meliputi penambahan tablet tambah darah bagi remaja di sekolah.  Dan materi  tentang layanan Posyandu, ibu hamil, nifas dan ibu menyusui serta tugas pokok dan fungsi kader Posyandu dalam pelayanan kesehatan ibu dan anak," kata Kades Bira, Murlawa Rabu, 20 Maret 2024.

Menurutnya, para kader posyandu  juga edukasi terkait penguatan tugas dan fungsi kader Posyandu, pelatihan penggunaan alat antropometri di Posyandu dan pengisian modul administrasi Posyandu. 

"Selama kegiatan para kader aktif berpartisipasi dan bertukar informasi dengan para narasumber," jelasnya.

Pemerintah desa setempat berharap   semoga dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman para kader Posyandu serta dapat memberikan dampak positif bagi pelayanan kepada masyarakat ke depannya. (ria/has/B)

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan