Cegah Stunting, Pemdes Swatani Programkan PMT

  • Bagikan
Kegiatan Posyandu di Desa Swatani, Kecamatan Rilau Ale.

RILAU ALE, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Desa Swatani, Kecamatan Rilau Ale, memprogramkan PMT (Pemberian Makanan Tambahan). Program tersebut merupakan salah satu program prioritas pemerintah desa setempat.

Kepala Desa Swatani, Andi Dhoddy Aryadi mengatakan, PMT merupakan salah satu upaya pencegahan stunting.

"Melalui PMT, maka pemerintah desa akan membagika susu formula kepada bayi dan balita, sebagai upaya pemenuhan gizi," katanya, Kamis, 21 Maret 2024.

Upaya lainnya yang dilakukan adalah mengoptimalkan kegiatan Posyandu dan juga penyuluhan kesehatan.

"Pemeriksaan kesehatan kepada bayi, balita dan ibu hamil juga rutin dilaksanakan setiap bulannya melalui kegiatan Posyandu," jelasnya.

Dhoddy berharap kepada para ibu hamil agar memperhatikan kondisi kehamilannya dan rutin memeriksakan kesehatan, supaya mengetahui perkembangan janin dalam kandungannya.

"Kemudian ibu-ibu yang memiliki bayi dan balita, kesehatan anaknya juga diperhatikan, asupan gizi dan kebersihan lingkungannya," tambahnya.

Sekadar informasi Stunting adalah kondidi yang ditandai dengan kuranhnya tinggi badan anak apabila dibandinkan dengan anak-anak seusianya.  Stunting merupakan sebutan bagi gangguan pertumbuhan pada anak. Penyebab utama dari stunting adalah kurangnya asupan nutrisi selama masa pertumbuhan anak. (ria/has/B)

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan