Bawaslu Bulukumba Latih Panwascam Media Relation dan Strategi Pemberitaan Positif

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Bawaslu Kabupaten Bulukumba sangat meyakini peran media penting dalam membangun citra positif dan membentuk opini publik. Untuk itulah dilaksanakan kegiatan Pelatihan Media Relation dan Strategi Pemberitaan Positif di Media, Sabtu 6 April 2024 di Kantor Bawaslu Bulukumba.

Hadir membawakan materi, Direktur RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID Sunarti Sain dan Ifa Musdalifa dari Metro TV. Kegiatan yang diikuti Ketua Panwascam se-Kabupaten Bulukumba ini dihadiri pula oleh Ketua Bawaslu Sulsel Mardiana Rusli.

Bakri Abu Bakar, Pimpinan Bawaslu Bulukumba saat membuka acara mengatakan, peran media dalam mendukung kerja-kerja pengawasan Bawaslu sangat penting. "Apa yang kita lakukan selama ini harus selalu terpublikasi dengan baik agar masyarakat tahu bahwa kita telah melakukan tugas-tugas pengawasan seperti yang diamanahkan," ujarnya.

Sementara Sunarti Sain dalam materinya menyampaikan kenapa media relation menjadi sangat penting. Menurut Sunarti, media relation adalah bagian dari praktik public relation yang berfokus pada hubungan antara organisasi dengan media massa.

"Dengan menjalin hubungan yang kuat dengan media, organisasi dapat memastikan bahwa pesan meraka bisa disampaikan dengan tepat dan efektik kepada audiens yang lebih luas melalui berbagai saluran media," ujar Sunarti.

Menurut Sunarti, media relation merupakan hal mutlak yang harus dilakukan agar lembaga memiliki akses yang lebih cepat ke media sehingga pemberitaan positif juga bisa tercipta. Ada beberapa prinpis media relation yang disampaikan, diantaranya, bagaimana mengenali dan memahami jenis media. Kemudian membangun reputasi dan kepercayaan, keahlian membuat siaran pers dan merangkum data, penguasaan teknologi dan sosial media, serta membangun hubungan yang kokoh kaitannya dengan keterbukaan dan transparansi. ***

  • Bagikan