Pemudik Manfaatkan Program Mudik Gratis Pemerintah, Semua Senang dan Nyaman

  • Bagikan
Foto: Suasana saat penurunan penumpang mudik gratis di terminal induk Bulukumba. (mad/radsel)

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID — Program mudik gratis oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), dimanfaatkan dengan baik oleh sejumlah pemudik yang hendak pulang kampung halaman.

Program mudik gratis, dilepas secara serentak oleh Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin. Sebelum pelepasan, terlebih dahulu dilakukan cek kesehatan dan tes urine untuk memastikan kondisi awak kendaraan sehat secara fisik dan mental.

"Kegiatan ini sudah kita rencanakan dan bagian dari pelayanan kita kepada masyarakat Sulsel yang merayakan Idul Fitri di kampung. Saya berdoa dan mengucapkan selamat jalan. Tetap menjaga kesehatan dan menyampaikan salam kami kepada keluarga," kata Pj Gubernur Bahtiar, saat melepas pemudik di rujab Gubernur Sulsel.

Selain itu program mudik gratis ini, bertujuajn untuk menurunkan inflasi di sektor transportasi serta meningkatkan perekonomian bagi daerah tujuan mudik, serta mengurangi angka kecelakaan di jalan raya.

Dalam mudik gratis ini, ada 15 unit bus dengan total kapasitas 500 penumpang.

Adapun rute dan total pemudik masing-masing; Makassar-Palopo, 6 unit bus, 240 penumpang, Makassar-Malili, 2 unit bus, 80 penumpang, Makassar-Bulukumba 2 unit bus, 40 penumpang, Makassar-Bone 3 unit bus, 100 penumpang, dan Makassar-Sinjai, 2 unit bus, 40 penumpang

Pendaftaran mudik gratis dibuka pada 31 April sampai 5 April 2024. Selain itu, masing-masing pemudik kali ini kembali mendapatkan paket sembako.

Pemudik yang memamfaatkan program mudik gratis ini, terdiri dari umum dan Mahasiswa. Mereka mengetahui mudik gratis ini dari sosialisasi di media sosial dan dari kantor Dishub itu sendiri.

“Kami senang dengan adanya program mudik gratis dari pemerintah, kita juga dikawal oleh pihak kepolisian setiap masuk di kabupaten berbeda, jadi kita merasa aman dan nyaman serta waktu perjalanan yang efisien. Ini pertama kali kami ikut mudik gratis,” kata Andi Jasmin, mahasiswi asal Bulukumba di hadapan awak media, usai tiba di terminal induk.

Para pemudik finish dan diturunkan di terminal induk Kabupaten Bulukumba. Menurut Sekertaris Dishub Bulukumba, Idham Khalid, pihaknya berharap agar program mudik gratis terus ditingkatkan.

“Kami dari Pemkab Bulukumba sangat berterimakasih kepada Pemprov Sulsel dengan adanya mudik gratis ini, semoga ke depan kuoatanya ditambah, dan ada juga untuk arus balik gratis,” harap dia. (mad/has/b)

  • Bagikan