Desa Pattiroang Terima Bantuan Ternak Kambing Dari Payo-payo Oase

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Desa Pattiroang Kecamatan Kajang menjadi salah satu Desa di Kabupaten Bulukumba yang menerima bantuan ternak kambing dari Konsorsium Sekolah Rakyat Petani Payo-payo dan Organisasi Aksi Sosial dan Ekologi (PAYO PAYO - OASE) dengan jumlah ternak kambing yang dikembangkan sebanyak 28 Ekor.

Anggota Kelompok Ternak Kambing Galla' Bantalang Bidang Koordinator Pakan, Jumarlin menyampaikan ungkapan terima kasihnya kepada konsorsium Payo-payo Oase atas kepercayaan yang diberikan terhadap Desa Pattiroang untuk menjadi salah satu perkembangbiakan ternak kambing di Bulukumba.

"Di Bulukumba sekitar 14 desa yang menerima bantuan program ini. Jumlah kambing yang disalurkan setiap desa sebanyak 28 ekor. Alhamdulillah Desa Pattiroang menjadi salah satu desa penerima bantuan tersebut di Pattiroang ini masih dalam keadaan normal kontrol. Pengurus kelompok masih sangat kompak tertib dalam urusan pengelolaan dan pengambilan pakan sampai saat ini," ungkapnya, Senin 8 April 2024.

Jumarlin menuturkan dengan adanya issue dan keluhan yang teredar oleh para pengurus kelompok Desa lain bahwa ada beberapa  kambingnya yang dikelola yang bertahan hanya tinggal kurang lebih 10 ekor karena sakit dan berujung kematian.

"Dengan hal itu kami sebagai kelompok Desa Pattiroang punya sudut pandang, bahwa apa bila semua kelompok mengalami hal demikian berarti secara  konsep manajemen itu sangat merugi baik rugi secara tenaga maupun dengan hasil kambing yang dipelihara," bebernya.

Jumarlin mengaku bersama dengan kelompok Galla' Bantalang Desa Pattiroang berkomitmen akan berupaya mentaktisi dengan konsep ide yang di bangun bersama para anggota kelompok untuk menpermenjual belikan kambing tersebut dan dari hasil penjualan itu akan dibelikan penggantinya dengan yang lokal yang sudah menyatu dengan keadaan iklim yang di daerah Bulukumba agar kambing tersebut tidak sia-sia tanpa hasil yang diperoleh oleh kelompok.

"Kami yakin dengan konsep seperti itu kelompok Ternak Kambing Galla Bantalang Desa Pattiroang bisa dihidupkan dan di kembangkan terus menerus dan para pengurus pun bisa mendapatkan hasil," tutupnya.***

Penulis: SumEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan