Kawasan Wisata Bira Banjir Kunjungan Pasca Lebaran

  • Bagikan
Suasana di kawasan wisata Bira, Sabtu, 13 April 2024, malam.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Libur panjang pasca lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi menjadi momen berharga bagi para wisatawan yang membanjiri kawasan wisata Bira, Bulukumba. Dinas Parawisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Bulukumba mencatat sekitar 10 ribu orang memadati kawasan tersebut sejak 10 hingga 13 April 2024.

Bira, yang terletak di Desa Bira, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, menjadi destinasi favorit para pelancong untuk menikmati keindahan alam dan keragaman aktivitas rekreasi.

Dari pantauan RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID pada Sabtu, 13 April 2024, malam, menunjukkan bahwa kawasan Bira dipenuhi pengunjung yang menikmati suasana malam. Panggung musik di Anjungan Bira menjadi pusat perhatian, menambah keseruan liburan para pengunjung.

Tak hanya di panggung musik, pantai pasir putih juga ramai dengan pengunjung yang menikmati angin sepoi-sepoi malam hari.

Selain wisatawan dari Kabupaten Bulukumba sendiri, terdapat pula pengunjung dari luar daerah, seperti Andriadi, seorang wisatawan dari Kabupaten Bone yang datang bersama keluarganya.

"Saya bersama keluarga sudah menikmati keindahan Bira sejak kemarin. Semua anggota keluarga senang berlibur di sini," ujar Andriadi saat ditemui di pinggir pantai.

Kunjungan ribuan wisatawan juga memberikan dampak positif bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di kawasan Bira. Alfian, seorang pedagang kacamata dan topi, mengungkapkan bahwa pendapatannya meningkat signifikan selama libur panjang ini.

"Peningkatannya jauh lebih besar dari hari biasa, bahkan lebih dari dua kali lipat," kata Alfian.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Bira, Mustamar, menyatakan bahwa sejak 10 hingga 12 April 2024, telah tercatat lebih dari 10 ribu pengunjung.

"Pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata diperkirakan mencapai sekitar 400 juta rupiah. Kemungkinan jumlah pengunjung akan terus bertambah hingga akhir libur panjang," ungkapnya. ****

  • Bagikan