700 Juta PAD dari Kawasan Bira Selama Libur Lebaran

  • Bagikan
Suasana di pinggir pantai Bira saat libur lebaran 1445 Hijriah diambil dari tangkapan gambar drone

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Lebih dari 700 juta total Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang diraup oleh Pemerintah Kabupaten Bulukumba dari retribusi masuk Kawasan Wiasata Bira selama masa libur lebaran, yakni 10 sampai 14 April 2024.

Dalam kurun waktu tersebut Dinas Parawisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) mencatat kurang lebih 50 ribu pengunjung yang masuk ke kawasan wisata Bira.

"Alhamdulillah terjadi peningkatan kunjungan wisata jika dibandingkan dengan tahun lalu," ucap Kepala Disparpora Bulukumba, Feriawan Z Fahmi saat dikonfirmasi RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID, Senin, 15 April 2024.

Meski padat pengunjung, namun arus lalu lintas di pintu masuk Bira tetap dapat berjalan lancar.

Selain karena Pemkab mulai menerapkan aplikasi KAREBA, sehingga memudahkan transaksi retribusi di pintu masuk Bira, juga karena keterlibatan aparat keamanan dari Polres Bulukumba dan Kodim 1411 Bulukumba dalam mengurai arus lalu lintas dan menjaga suasana kondusif dalam dan di sekitar kawasan wisata Bira.

Selain di kawasan wisata Bira, Feri mengungkapkan bahwa destinasi wisata lainnya yang dimiliki oleh Kabupaten Bulukumba juga dipadati pengunjung baik itu lokal maupun yang datang dari luar daerah.

"Puluhan ribu wisatawan lokal juga yang berkunjung ke Pantai Panrangluhu, juga di Apparalang, Batu Tongkaraya, Tebing Mattoangin, Pantai Mandalaria, Desa Wisata Darubiah, Pantai Bara Lemo-lemo, Permandian Dato Tiro, Desa Wisata Kahaya dan beberpaa objek wisata lainnya  jika keseluruhan diakumulasi hampir 90 ribu pengunjung wisatawan lokal," paparnya.

Sebelumnya, dari pantauan RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID pada Sabtu, 13 April 2024, malam, menunjukkan bahwa kawasan Bira dipenuhi pengunjung yang menikmati suasana malam. Panggung musik di Anjungan Bira menjadi pusat perhatian, menambah keseruan liburan para pengunjung.

Tak hanya di panggung musik, pantai pasir putih juga ramai dengan pengunjung yang menikmati angin sepoi-sepoi malam hari.

Selain wisatawan dari Kabupaten Bulukumba sendiri, terdapat pula pengunjung dari luar daerah, seperti Andriadi, seorang wisatawan dari Kabupaten Bone yang datang bersama keluarganya.

"Saya bersama keluarga sudah menikmati keindahan Bira sejak kemarin. Semua anggota keluarga senang berlibur di sini," ujar Andriadi saat ditemui di pinggir pantai.

Kunjungan ribuan wisatawan juga memberikan dampak positif bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di kawasan Bira. Alfian, seorang pedagang kacamata dan topi, mengungkapkan bahwa pendapatannya meningkat signifikan selama libur panjang ini.

"Peningkatannya jauh lebih besar dari hari biasa, bahkan lebih dari dua kali lipat," kata Alfian. ****

  • Bagikan