Persiapan Hadapi HUT RI Ke-79, Pemkab Sinjai Mulai Cari Calon Anggota Paskibra di Sekolah

  • Bagikan

SINJAI, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID – Meskipun peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia Ke-79 berlangsung di bulan Agustus 2024 mendatang, namun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai mulai mempersiapkan diri untuk menyambutnya.
Seperti yang dilakukan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sinjai yang terlihat mulai turun ke sekolah-sekolah tingkat SMA sederajat untuk mencari bibit-bibit muda calon Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra).
Seleksi Calon Paskibra tingkat Kabupaten Sinjai tahun 2024 secara resmi di buka oleh Sekretaris Daerah Sinjai, Andi Jefrianto Asapa, di SMKN 1 Sinjai, Kamis, (18/04).
Dalam arahannya, Andi Jefrianto mengatakan bahwa, para peserta yang ikut seleksi nantinya akan mengembang tugas yang mulia pada pengibaran dan penurunan Bendera Pusaka pada peringatan HUT RI.
Dirinya mengaku bangga berada di hadapan calon-calon petugas pengibar bendera pusaka yang akan bertugas pada tanggal 17 Agustus 2024 mendatang.
“Walaupun yang akan diterima kurang lebih 70 orang. Namun hari ini 249 orang siswa mencoba bersaing dan berkompetisi secara sehat untuk mendapatkan tempat yang layak sebagai petugas penuhi bendera. Untuk menjadi pelaksana pengibar Bendera harus melewati proses yang panjang,” ungkapnya.
Menurut Andi Jefrianto, seleksi yang dilakukan ini tak lain untuk memilih putra-putri terbaik Sinjai untuk menjaga marwah bendera merah putih pada saat 17 Agustus mendatang.
Bahkan tanggung jawab itu tidaklah ringan, sebab beribu-ribu pasang mata akan menyaksikan saat melakukan persiapan pengibaran bendera merah putih.
Seleksi ini dilaksanakan sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 51 Tahun 2022, Tentang Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang dijabarkan dalam Peraturan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Nomor 3 Tahun 2022.
Sekedar diketahui, seleksi penerimaan calon anggota Paskibra tingkat Kabupaten Sinjai ini akan berlangsung hingga 23 April 2024 mendatang. 

Editor: Haswandi
  • Bagikan