SMKN 7 Terima Ratusan Bibit Pohon Gratis

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- SMK Negeri 7 Kabupaten Bulukumba terima sebanyak 850 bibit pohon gratis dari Balai Pembenihan Tanaman Hutan Wilayah II Makassar yang berlokasi di Tonra dalam rangka sedekah pohon menjelang penanaman pohon serentak yang akan dilaksanakan tanggal 22 April 2024.

Kepala SMK Negeri 7 Kabupaten Bulukumba, Irmayanti mengatakan dalam rangka memperingati Hari Bumi Nasional tanggal 22 April mendatang, seluruh tenaga pendidik dan kependidikan serta peserta didik diwajibkan untuk melakukan penanaman pohon. Hal tersebut berdasarkan Surat Edaran Pj Gubernur Sulawesi Selatan.

"Dalam edaran tersebut diwajibkan bagi seluruh ASN dan Non ASN pada lingkup Kantor Induk dan Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan untuk menyukseskan program penanaman 5 bibit pohon bagi masing-masing ASN dan Non ASN setiap tahun, diwajibkan bagi seluruh peserta didik SMA/SMK/SLB se-Sulawesi Selatan untuk melaksanakan program penanaman 5 bibit pohon bagi masing-masing peserta didik setiap tahun," ujarnya, Rabu 17 April 2024.

Lebih lanjut ia menyampaikan selain itu, diminta untuk melakukan pelaksanaan sedekah pohon secara simbolis dan melaksanakan penanaman pohon secara serentak pada setiap even atau kegiatan di lingkungan kerja dan satuan pendidikan masing-masing, memaksimalkan pemanfaatan lahan kosong di setiap sekolah, dan apabila tidak terdapat lahan kosong di sekolah, maka Cabang Dinas Pendidikan Wilayah diminta. berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kehutanan Provinsi Sulawesi Selatan.

"Ini merupakan salah satu program prioritas Pj Gubernur Sulawesi Selatan tentu kami di SMKN 7 Bulukumba sangat mendukung penuh program ini. Guru dan siswa juga sangat antusias dalam penerimaan bibit pohon ini," bebernya.

Ia juga menyebutkan jenis pohon yang diterima diantaranya, pohon nangka, jeruk nipis, pucuk merah dan ketapang kencana. 

Melalui penanaman pohon secara serentak yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 April 2024 dalam rangka memperingati Hari Bumi Nasional dapat meningkatkan kesadaran masyarakat sebagai salah satu bagian dari makhluk penghuni bumi, akan keadaan bumi yang kini kian memburuk akibat dampak dari perubahan iklim berupa berkurangnya keanekaragaman hayati, kelebihan populasi, dan juga penurunan kualitas lingkungan.

"Olehnya itu, salah satu upaya dilakukan adalah sedekah pohon dan sekaligus penanaman pohon. InsyaAllah setiap orang siswa dan guru nantinya akan menanam sebanyak 5 pohon, di lahan sekolah, lahan atau kebun siswa maupun guru," tutupnya. (sum/has/B)

Penulis: SumEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan