Siap Fasilitasi Bibit dan Alat Berat, Andi Utta Minta Desa Siapkan 10 Hektare Lahan Percontohan Kebun Buah

  • Bagikan
Lahan percontohan kebun buah di Desa Tibona, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf meminta agar desa-desa yang ada di Kabupaten Bulukumba menyiapkan 10 hektare lahan sebagai kebun percontohan program ketahanan pangan.

Pemerintah Kabupaten Bulukumba terus menggencarkan program ketahanan pangan, dengan mengajak masyarakat menanam bibit unggul buah-buahan.

Salah satu programnya yakni dengan meminta kepada desa-desa agar menyiapkan 10 hektare lahan percontohan untuk ditanami bibit buah-buahan.

Seruan tersebut disampaikan oleh Andi Muchtar Ali Yusuf saat menyampaikan sambutan pada puncak kegiatan perayaan Hari Bumi yang digelar oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Bulukumba di Desa Tibona, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba, Selasa, 24 April 2024.

Andi Muchtar Ali Yusuf menyampaikan bahwa penanaman pohon produktif ini akan memberikan dua manfaat yang besar, yaitu penghijauan dan nilai ekonomi dari pohon yang ditanam.

Berdasarkan pengamatannya, Andi Utta menyampaikan bahwa masyarakat cenderung lebih mempercayai apa yang mereka lihat jika ada hal baru yang dilakukan dan memberikan manfaat apalagi keuntungan.

"Makanya saya terus memberikan contoh bagaimana bertani bibit unggul di beberapa kebun yang tersebar, baik di Bulukumba maupun di Sinjai," jelasnya.

Bupati menyatakan, bahwa program bibit unggul menjadi prioritas untuk melakukan reformasi di bidang pertanian. Tanaman-tanaman buah yang tidak produktif akan digantikan dengan bibit yang lebih berkualitas sehingga ke depan Bulukumba menjadi sentra atau lumbung buah-buahan yang memiliki kualitas ekspor seperti durian dan nangka.

"Pemerintah daerah melalui Dinas Pertanian juga saat ini memiliki program bantuan pembersihan lahan, jika ada masyarakat ingin mengganti tanamannya dengan bibit unggul. Kita fasilitasi sehingga lahan-lahannya dengan mudah dapat ditanami dan berkembang," ungkapnya.

Kebun percontohan tersebut, lanjut Andi Utta, diharaokan dapat memotivasi masyarakat agar turut serta melakukan penanaman bibit unggul yang dapat meningkatkan nilai tambah produk hasil pertaniannya.

"Bulukumba dianugerahi dengan kondisi alam yang bagus untuk pertanian, sehingga tentunya kita harus memaksimalkan potensi lahan ini dengan produk-produk pertanian yang lebih bagus dan memiliki daya saing," ujarnya.

Andi Utta menyatakan bahwa potensi durian Musangking berada di Kecamatan Bulukumpa, Rilau Ale dan Kindang. Sementera Potensi Nangka Madu bisa ditanam di seluruh Kecamatan. Sedangkan Potensi Tanaman Pala, berada di Kecamatan Bulukumpa, Rilau Ale, Gantarang dan Kindang. ****

  • Bagikan