Lebih Dekat Dengan Masyarakat, BPJS Kesehatan Hadir di Mal Pelayanan Publik Bantaeng

  • Bagikan

BANTAENG, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID --  BPJS Kesehatan terus berupaya memberikan kemudahan pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) kepada masyarakat dengan berpartisipasi dalam memberikan pelayanan di Kantor Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Bantaeng, Kamis, 21 Marer lalu.

Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Bantaeng, Namirah menjelaskan upaya mendekatkan akses layanan BPJS Kesehatan kepada masyarakat dengan layanan yang mudah cepat dan setara, BPJS Kesehatan Cabang Bulukumba bersama beberapa instansi pemerintah lain membuka pelayanan publik bertempat di jalan Andi Mannapiang, Lamalaka, Kecamatan Bantaeng, Kabupaten Bantaeng.

Layanan administrasi yang diberikan mulai dari pendaftaran peserta, perubahan data dan pemberian informasi langsung dapat diperoleh di stand BPJS Kesehatan.

“Dengan adanya layanan ini, kami berharap bisa lebih dekat dengan masyarakat dalam mengakses layanan BPJS Kesehatan. Semoga MPP ini dapat terus dilaksanakan, dan kami dari BPJS Kesehatan dengan senang hati akan ikut menyukseskan kegiatan ini agar masyarakat lebih mudah dan cepat dalam mengakses layanan, yang tidak hanya didapatkan di kantor BPJS Kesehatan saja,” jelas Namirah.

Namirah juga menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Bantaeng yang telah bersedia untuk berkolaborasi dengan BPJS Kesehatan dan berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kabupaten Bantaeng dengan memberikan tempat pelayanan untuk BPJS Kesehatan di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Bantaeng.

“Kami sampaikan terima kasih dan apresiasi untuk Pemerintah Daerah Kabupaten Bantaeng yang telah memberikan dukungan berupa stand dan sarana untuk BPJS Kesehatan melakukan pelayanan kepada peserta di MPP,” ujar Namirah.

Salah satu pengunjung, Dahlia (28) memberikan tanggapan positif dengan adanya pelayanan BPJS Kesehatan yang berada di MPP seperti saat ini. Menurutnya kegiatan seperti ini memudahkan peserta yang tidak sempat berkunjung ke Kantor BPJS Kesehatan.

“Alhamdulillah pelayanan seperti ini sangat bagus sekali, jadi saya tidak perlu bolak- balik dari kantor ke kantor karena sudah ada semuanya di sini. Petugas pelayanan disini juga ramah,” ujar Dahlia.

Dahlia saat ini telah terdaftar sebagai peserta JKN segmen Pekerja Penerima Upah Badan Usaha (PPU BU), ia mendatangi stand BPJS Kesehatan karena ingin mengecek status kepesertaan JKN miliknya dan melakukan perubahan data fasilitas kesehatan (faskes) terdaftar.

“Saya terdaftar sebagai tanggungan peserta yang dari perusahaan di Kalimantan. Saya ingin cek status BPJS kesehatan saya apakah aktif atau tidak, dan perubahan faskes ke Bantaeng,” jelasnya.

Peserta lainnya yang juga turut mengunjungi stand BPJS Kesehatan Jamariah (46), seorang ibu rumah tangga mengatakan senang BPJS Kesehatan ada di dalam mal pelayanan ini. Ia menceritakan pelayanan yang didapatkan di mal sama seperti pelayanan di Kantor BPJS Kesehatan, bahkan lebih mudah dan cepat.

Ia merasa beruntung mengakses layanan BPJS Kesehatan disini, karena mendapatkan informasi penting dari petugas, yaitu tentang program Rencana Pembayaran Bertahap (Rehab). Tidak hanya itu, petugas juga memberikan panduan untuk penggunaan Aplikasi Mobile JKN.

“Saya dijelaskan tentang Program Rehab jadi saya bisa mencicil tunggakan iuran BPJS Kesehatan saya. Saya berencana mencicil selama 12 bulan agar bisa lebih ringan bayuar iuran per bulannya,” ujar Jamariah.

Aplikasi Mobile JKN dapat memudahkan peserta JKN dalam mengakses layanan adminitrasi kepesertaan cukup melalui ponsel pintar yang bisa diakses dimana saja.

Menutup percakapan dengan tim Jamkesnews, Jamariah mengucapkan terima kasih terhadap pelayanan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan, ia berhadarap agar ke depannya BPJS Kesehatan terus menghadirkan berbagai inovasi terbaru dalam meningkatkan mutu layanan kepada masyarakat. (has)

Editor: Haswandi Ashari
  • Bagikan