KKN Reguler UMB Olah Limbah Plastik Jadi Bahan Bakar Minyak

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Mahasiswa KKN Reguler Universitas Muhammadiyah Bulukumba (UMB) Posko Desa Bukit Tinggi merealisasikan program kerja Pengolahan Limbah Plastik menjadi Bahan Bakar Minyak, Rabu, 24 April 2024.

Kegiatan tersebut dihadiri beberapa masyarakat Desa Bukit Tinggi, termasuk seluruh Kepala Dusun Desa Bukit Tinggi dan Staf Kantor Desa Bukit Tinggi. Hal ini menunjukkan kepedulian pemerintah dan masyarakat dalam kegiatan yang mengarah pada lingkungan.

Kordes Desa Bukit Tinggi, Ardi berharap ada upaya pengembangan terkait teknologi pengolahan limbah plastik menjadi bahan bakar minyak. 

"Selain menyelesaikan persoalan sampah di Desa Bukit Tinggi, program kerja ini juga dapat membantu masyarakat dalam hal kesulitan memperoleh BBM yang saat ini terbilang mahal," ujarnya.

Ia menjelaskan program kerja yang menggunakan metode pirolisis dengan alat yang sederhana mampu merubah limbah plastik menjadi bahan bakar minyak. Kegiatan ini diakhiri dengan uji coba pembakaran dari hasil teknologi pengolahan limbah plastik menjadi bahan bakar minyak. 

"Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja KKN Reguler UMB Desa Bukit Tinggi, yang mana secara keseluruhan terdiri dari enam program kerja yaitu Festival Ramadhan, Duta Lingkungan Kreatif, Kerja Bakti, Pembuatan Taman Kreatif dan Pelatihan pengolahan Limbah Plastik Menjadi Bahan Bakar Minyak," tuturnya.

Rahmat Lala selaku kepala Desa Bukit Tinggi sangat mendukung semua kegiatan KKN Reguler Universitas Muhammadiyah Bulukumba, ini dapat dilihat dari keterlibatan Kepada Desa Bukit Tinggi beserta aparat-aparat nya dalam menyukseskan setiap program kerja KKN Reguler UMB.

"Kami harap terkait proker KKN Desa Bukit Tinggi UMB agar mampu membuka kesadaran masyarakat dalam hal menjaga lingkungan," harapnya. (sum/has/B)

  • Bagikan