MA YPPI Bulukumba Siap Menuju Adiwiyata Provinsi

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Perjuangan MA YPPI Kabupaten Bulukumba menuju Madrasah Adiwiyata tingkat Provinsi Sulawesi Selatan tengah berlangsung. Persiapan menuju Madrasah Adiwiyata tersebut tengah dimatangkan, agar mendapatkan hasil yang terbaik.

Kepala MA YPPI Bulukumba, Ashadi Cahyadi mengaku sangat bangga dan bersyukur tahun ini MA YPPI Bulukumba mendapatkan kepercayaan untuk mengikuti lomba adiwiyata tingkat provinsi.

"Berbagai persiapan telah kami lakukan dalam mengikuti kompetisi ini yang pertama mengadakan sosialisasi kepada siswa dan orang tua siswa tentang apa dan bagaimana serta manfaat dari adiwiyata, sosialisasi kepada siswa akan pentingnya menjaga kebersihan madrasah serta proses pemilahan sampah yang ada," ujarnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan terkhusus untuk dewan guru, pihaknya memberikan arahan serta instruksi bagaimana kesadaran akan kebersihan lingkungan madrasah diaktualisaskan dalam administrasi pembelajaran serta mempraktikkan dalam kegiatan sehari-hari baik dalam proses belajar mengajar maupun selama dalam lingkungan madrasah.

"Selain itu kami juga menyediakan tempat pemilahan sampah, baik itu sampah organik, plastik maupun kertas, selain itu kami juga akan menyiapkan tempat pengomposan sampah, sehingga nantinya sampah ini bisa kembali dimanfaatkan sebagai pupuk organik, sementara untuk sampah plastik dan kertas kami sementara menjajaki kerjasama dengan bank sampah yang ada di kabupaten Bulukumba," tambahnya.

Ashadi menjelaskan beberapa kriteria dalam penilaian adiwiyata antara lain kebijakan madrasah/sekolah tentang berwawasan lingkungan, pelaksanaan kurikulum yang berbasis lingkungan hidup, kegiatan lingkungan berbasis partisipasif dan pengelolaan sarana berbasish ramah lingkungan.

"Kami berharap dengan mengikuti lomba adiwiyata ini bukan hanya mengangkat nama madrasah Aliyah YPPI Bulukumba tetapi juga membantu pemerintah kabupaten Bulukumba untuk penanganan sampah serta menumbuhkan kesadaran terhadap masyarakat madrasah akan penting nya menjaga kebersihan lingkungan madrasah," harapnya. (sum/has/B)

  • Bagikan