Pemdes Bira Optimalkan Pemuktahiran Data IDM

  • Bagikan
Rakor pemuktahiran data IDM di Desa Bira, Kecamatan Bontobahari.

BONTOBAHARI, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Desa Bontobahari, Kecamatan  Bontobahari telah melaksanakan rapat koordinasi pemutakhiran Data Indeks Desa Membangun (IDM) untuk tahun 2024.

Rakor tersebut, sebelumnya dihadiri oleh Kepala Desa  Bira Murlawa, Pendamping Desa Sudirman, BPD, Operator IDM Desa, semua stakeholder mulai Bidan dan Perawat Desa, KPM, Pembina TK/PAUD, Kepala Sekolah SD dan SMP, Penyuluh Pertanian, Penyuluh Perikanan hingga semua Kepala Kewilayahan di Desa Bira.

Pendamping Desa Bira, Sudirman menyampaikan bahwa rapat koordinasi perlu dilaksanakan hingga melibatkan semua stakeholder.

"Untuk membantu operator IDM di desa dalam melakukan pengisian atau penginputan data-data baik itu data pendidikan, kesehatan, pertanian dan lain sebagainya hal itu disesuaikan dengan kondisi di desa itu sendiri," katanya, Kamis, 25 April, 2024.

Selain itu, penginputan dan pengisian kuisoner IDM juga bertujuan untuk mengetahui status suatu desa apakah desa tertinggal, berkembang, maju dan mandiri.

"Di Kabupaten Bulukumba ada 109 desa yang terdiri dari beberapa kecamatan. Untuk Kecamatan Bontobahari ada 4 desa yaitu, Desa Ara, Lembanna, Darubiah dan Bira. Dari empat desa ini teridentifikasi 3 desa dengan status desa mandiri salah satunya Desa Bira," jelasnya.

Pada pelaksanaan rakor tersebut juga  dilakukan pembagian kuisoner kepada seluruh stakeholder yang diikuti dengan penjelasan dari pendamping desa dalam melakukan pengisian kuisoner tersebut. (ria/has/B)

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan