Peringatan BMKG: Cuaca Ekstrem Landa Sulsel, Diprediksi Hingga 20 Januari

  • Bagikan

MAKASSAR, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID — Warga Sulawesi Selatan patut waspada. Cuaca ekstrem akan melanda seluruh wilayah Sulsel hingga 20 Januari 2022. Prakirawan BMKG Wilayah IV Makassar Rizky Yudha mengatakan, hasil monitoring perkembangan kondisi dinamika atmosfer terkini menunjukkan indikasi adanya potensi peningkatan curah hujan merata di semua wilayah Sulsel.

Yudha menjelaskan berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer, terpantau adanya pola pertemuan massa udara dan belokan angin di wilayah Sulsel.

Sehingga dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan pada 18-20 Januari 2022.

“Selain itu hasil analisis perkembangan musim hujan hingga Dasarian I Januari 2022 menunjukkan bahwa 75,0 persen zona musim di Sulawesi Selatan sudah memasuki musim hujan,” paparnya.

Cuaca ektrem ini akan melanda sejumlah daerah dengan intensitas lebat hingga sangat lebat.

Hujan lebat berpotensi terjadi di Parepare, Soppeng, Barru, Pangkajene dan Kepulauan, Maros, Makassar, Gowa, Takalar, Jeneponto, serta Kepulauan Selayar.

“Kemudian hujan dengan intensitas sedang dan sangat lebat berpotensi terjadi di Luwu Utara, Sidenreng Rappang, Pinrang, Bone, Sinjai, Bulukumba, dan Bantaeng,” sambungnya. Warga diminta meningkatkan kewaspadaan karena hujan akan disertai angin kencang. ***

  • Bagikan