Kades Bersama Warga Komba-Komba Berkaca-Kaca Saat Wabup Singgung Nama Ummi Sari

  • Bagikan

SELAYAR, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID - Hari Kedua setelah tiba di Kecamatan PasiMarannu, dalam Kunjungan kerjanya yang dirangkai dengan  "Safari Nuzulul Quran", dan penyerahan "Sehat" Nelayan, Wakil Bupati Kepulauan Selayar, Saiful Arif kembali menyerahkan Sertifikat Hak Atas Tanah ("Sehat") kepada 18 nelayan di Desa Komba-Komba, Selasa (19-4) sore di Ruang Pertemuan Kantor Desa setempat.

Kades Komba Komba H. Fahri dan beberapa warga terharu dengan mata berkaca kaca saat menyimak sambutan Wabup. Pasalnya, Saiful Arif yang juga dikenal sebagai penceramah, sempat menyinggung nama Ummi Sari, panggilan akrab bagi seorang penggiat usaha nelayan di desa itu, yang tak lain adalah orang tua kades setempat. Ummi Sari meninggal dalam kecelakaan laut saat menjalankan usahanya beberapa tahun lalu dan mayatnya tidak ditemukan.

Wabup dalam sambutannya memaparkan, kegiatan Serhat nelayan tersebut adalah program Kementrian Kelautan dan Perikanan bekerjasama dengan Kementrian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional RI.

Kepada para nelayan penerima "Sehat", Saiful mengingatkan, sertifikat tersebut bertujuan memberikan kepastian hukum atas status tanah nelayan, juga sebagai aset yang bisa menjadi jaminan untuk permodalan serta menjamin kelangsungan usaha nelayan melalui kegiatan pengembangan usaha nelayan.

“Gunakan sertifikat tersebut sebagai jaminan dalam meminjam uang di Bank untuk kegiatan usaha yang bersifat produktif,” tegasnya seraya mengingatkan, jangan meminjam uang untuk kegiatan yang bersifat konsumtif.

Disamping menyampaikan informasi dan pesan pembangunan, Wabup yang didampingi Camat Pasimarannu, Syamsil, Zul Janwar (Dinas Perikanan), Maknung (ATR/BPN), Mulyadi (Bag. Administrasi Pembangunan), juga  melakukan evaluasi terhadap proyek yang telah lalu, sekaligus menyerap aspirasi dari kades dan masyarakat Desa Komba Komba. (*)

Penulis: FirmanEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan