Peringati Hari Bumi, Pemuda Bontosunggu Tanam Rambutan di Bantaran Sungai

  • Bagikan
Aksi Pemuda Bontosunggu di Hari Bumi

BULUKUMBA RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Komunitas Kebun Bersama Desa Bontosunggu, Kecamatan Gantarang, menanam puluhan pohon rambutan di sepanjang bantaran sungai di desanya. Aksi tersebut merupakan rangkaian kegiatan memperingati Hari Bumi 2022.

Kegiatan dengan tema 'Aksi Kecil untuk Kelestarian Sungai' itu juga diisi dengan acara diskusi yang menggandeng RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID sebagai media partner, Minggu 24 April 2022. Diksusi yang membahas masa depan dan kelestarian bumi tersebut berlangsung di sebuah kebun di Desa Bontosunggu yang diberi nama Kebun Bersama.

Gatot selaku salah satu Founder Kebun Bersama mengatakan kegiatan ini sebagai salah satu upaya mengajak generasi muda agar peduli terhadap kelestarian lingkungan.

"Anak-anak muda ini kita ajak, kita beri pemahaman soal lingkungan. Dan mengajak mereka berbuat untuk kelestarian lingkungan," ungkapnya.

Pada kegiatan tersebut, lanjut Gatot, diisi berbagai acara yang dimulai dengan membersihkan sungai dan menanam pohon pada siang harinya. Sedikitnya terdapat 40 pohon jenis rambutan yang ditanam di sekitar sungai dengan harapan selain menjaga sungai dari abrasi nantinya buah rambutan juga bisa dikonsumsi.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan buka puasa bersama dan nonton bareng film dokumenter Ekspedisi 3 Sungai yang diproduksi oleh WatchDoc, serata live music.

Gatot menjelaskan, Kebun Bersama memang sengaja dibentuk atas dasar keresahan terhadap situasi lingkungan yang mulai tercemar hingga ke pedesaan. Kebun ini terbuka bagi siapa saja yang mau belajar.

Di Kebun Bersama ini Gatot dan kawan-kawannya mencoba menerapkan konsep pertanian alami dan terintegrasi. Di kebun ini juga terdapat cafe yang dikelola secara swakelola dan keuntungannya untuk pengembangan kebun. (ewa/man)

  • Bagikan