Rayakan Idul Fitri secara Normal, Andi Utta dan Andi Edy Salat Bersama di Masjid Agung

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Bupati Andi Muchtar Ali Yusuf dan Wakil Bupati Andi Edy Manaf melaksanakan melaksanakan Salat Idul Fitri di Masjid Agung Bulukumba, Senin, 2 Mei 2022.

Momentum ini adalah pertama kalinya pasangan pemimpin Bulukumba ini salat Id secara bersama-sama. Karena pada tahun 2021 lalu, Bupati salad Id di Tanete Kecamatan Bulukumpa, sedangkan Wakil Bupati salat Id di Desa Bialo Kecamatan Gantarang.

Awalnya bupati dan wakil bupati serta para anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) rencana melaksanakan salat Id di halaman Kantor Bupati Bulukumba, namun karena hujan mengguyur kota Bulukumba, jemaah salat Id dialihkan ke masjid-masjid terdekat.

Sebelum shalat Id, Bupati Muchtar Ali Yusuf menyampaikan sambutan di hadapan jamaah Salat Idul Fitri.

Andi Utta sapaan akrab Bupati menyampaikan, bahwa warga Bulukumba patut bersyukur seiring dengan pengendalian Covid-19 melalui
protokol kesehatan dan vaksinasi, sehingga pada hari ini dapat melaksanakan salat Hari Raya Idul Fitri secara normal sebagaimana tahun-tahun sebelum adanya pandemi Covid-19.

Merayakan momentum kemenangan
Hari Raya Idul Fitri, lanjutnya adalah bentuk
manifestasi keberhasilan diri setelah sebulan lamanya melaksanakan puasa Ramadan dan segala aktivitas ibadah di
dalamnya.

"Lembaran baru hari ini kita mulai dalam suasana dan hati yang bersih dan suci, sehingga marilah kita bersama-sama memelihara kesucian itu dan melangkah menyongsong hari-hari mendatang dengan niat dan tekad untuk berbuat yang jauh lebih baik, lebih berkualitas dan lebih bermartabat," ungkapnya.

Dikatakan, Hari Raya Idul Fitri ini juga bertepatan dengan Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang dilaksanakan setiap tanggal 2 Mei, sehingga diharapkan momentum ini dapat meningkatkan kesadaran kita akan pentingnya pendidikan secara umum, pentingnya mendidik diri sendiri dan pentingnya mendidik generasi muda dengan memberi teladan melalui budi pekerti yang baik.

"Contoh kecil misalnya, pada aspek
pengelolaan lingkungan, diharapkan keterlibatan setiap individu masyarakat memiliki kesadaran yang tinggi terhadap
kebersihan lingkungan di sekitarnya," terangnya.

Menurut Andi Utta, kebersihan lingkungan tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah daerah, pemerintah kecamatan, kelurahan dan desa, tapi kebersihan lingkungan menjadi tanggungjawab seluruh elemen masyarakat, baik di kota Bulukumba maupun di pelosok-pelosok desa.

Diketahui, dalam pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri ini, seluruh kepala OPD disebar mewakili Pemerintah Daerah sekaligus membacakan sambutan seragam Bupati Bulukumba. Misalnya Sekretaris Daerah Muh Ali Saleng mewakili Pemda di Masjid Islamic Center Dato'Tiro.(*)

  • Bagikan