Rencana Renovasi Pasar Sentral: Buat Apa Indah Kalau Sepi ?

  • Bagikan
Pasar sentral Bulukumba bersiap untuk direnovasi

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Pasar Sentral Bulukumba setelah direnovasi nantinya betul-betul menjadi sentral perdagangan yang dipenuhi oleh pengunjung.

Pasar Sentral Bulukumba rencananya akan mulai direnovasi pada tahun 2022 ini, sementara para pedagang saat pasar dikerjakan akan direlokasi ke Terminal Bulukumba pada Juni 2022.

Rencana renovasi Pasar Sentral menjadi pasar dengan konsep modern itu disambut baik oleh sejumlah pedagang.

Salah satunya Muhtar, pedagang baju dan jam tangan di dalam pasar sentral itu merasa senang dengan adanya rencana renovasi tersebut.

Tetapi, Muhtar berharap, pembangunan pasar sentral tidak saja mengedepankan aspek fisik dan estetika, namun pemerintah mesti memikirkan bagaimana pasar dapat ramai pengunjung.

“Untuk apa indah kalau tidak ada pengunjung. Jadi kalau menurut saya pribadi pemerintah harus memikirkan bagaimana supaya pasar sentral ini ramai kembali,” katanya saat ditemui RADAR SELATAN, Rabu, 11 Mei 2022.

Menurut Muhtar salah satu faktor yang menyebabkan sepinya pengunjung karena adanya aktivitas pasar yang fungsinya seperti pasar sentral.

Olehnya banyak konsumen yang lebih memilih untuk berbelanja di tempat lain dari pada di Pada Sentral.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan, Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DP2KUKM) Bulukumba, Nurhidayat Kurnia, mengungkapkan, bahwa pasar sentral nantinya akan dijadikan sebagai pasar modern dengan konsep rekreasi.

“Konsep pasar sentral modern yang akan dibangun nanti, piknik dan rekreasi, akan berbeda dengan pasar tradisional yang ada sekarang,” kata Omy sapaan Nurhidayat Kurnia.

Menurut Omy, konsep rekreasi pada Pasar Sentral nantinya akan meningkatkan daya tarik masyarakat untuk berkunjung di Pasar Sentral Bulukumba.

“Karena konsepnya sangat jauh berbeda, pasar yang dibangun akan menjadi pasar yang sangat lengkap, nanti akan ada resto siap saji, tenant untuk kantor perbankan juga akan disiapkan,” papar Omy.

Terkait keberadaan pasar tradisional sekitar kota yang jam operasinya berbenturan dengan jam operasional pasar sentral, Omy mengatakan bahwa pihaknya akan mengatur kembali manajemen pasar tradisional di dalam kota.

“InsyaAllah (jam operasional pasar tradisional) nanti akan kita atur setelah pasar sentral modern terbangun,” kata Omy.

Omy berharap Pasar Sentral Bulukumba nantinya menjadi pusat perbelanjaan bukan saja untuk masyarakat Kabupaten Bulukumba namun juga untuk masyarakat dari kabupaten lain.

“Pasar yang terbangun nanti merupakan pasar tujuan untuk kabupaten-kabupaten tetangga, sehingga untuk membeli keperluan dan kebutuhan masyarakat tidak perlu ke Makassar lagi,” tukasnya.

  • Bagikan