Jauhnya DPRD Bulukumba Kunker ke Ternate untuk Studi Banding Perpustakaan Digital

  • Bagikan
Rombongan kunker anggota DPRD Bulukumba di Ternate Kamis 23 Juni 2022.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID — Sejumlah Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bulukumba, melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke kantor DPRD kota Ternate Provinsi Maluku Utara, Rabu 22 Juni 2022.

Para wakil rakyat tersebut ke Kota Ternate untuk melakukan studi banding dan kunjungan kerja dengan agenda konsultasi perpustakaan digital serta pengakuan dan perlindungan adat istiadat dan budaya.

Rombongan kunker itu sendiri dipimpin Wakil Ketua DPRD Bulukumba, H Patudangi Azis dan pada Rabu 22 Juni 2022 dan rencananya rombongan tersebut sudah berada di Bulukumba, Kamis 23 Juni 2022.

Kunjungan kerja dengan agenda kunsultasi tentang perpustakaan digital itu sendiri menuai sorotan, Pasalnya, konsultasi bisa saja dilakukan di Sulsel sendiri, karena sejumlah kota /kabupaten di sulsel sudah menerapkan perpustakaan digital, seperti Kota Makasssar, Kabupaten Tanah Toraja dan Pemerintah Provinsi Sulsel sendiri.

Wakil Ketua DPRD Bulukumba, H Patudangi Azis kepada RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID, beralasan kunjungan kerja dengan memilih kota Ternate sebagai tujuan studi banding bukan tanpa alasan, selain kota Tarnate yang diakui bagus dalam pengelolaan kearsipan dan kepustakaan juga telah dikuatkan dengan peraturan daerah.

“Kan teman teman komisi A mau mengagas renperda tentang perpustakaan digital, makanya kita pilih Ternate karena sudah lama menerapkan itu dibanding kota lainnya,”katanya.

Lanjut H Patudangi, selain itu agenda kunjungan kerja itu bukan hanya untuk studi banding tentang perpustakaan digital namun terkait pengakuan dan perlindungan adat istiadat dan budaya.

“Ada yang nanya kenapa pilih kunker disini (Ternate) sedang ada wilayah dekat, karena kita konsultasikan beberapa hal, disini juga masih kental budayanya bahkan masih ada kerajaan tidore yang kita tahu,”paparnya

Dimana pengelolaan pemerintahan tidak begitu mencampuri kegiatan adat karena kerajaan di Ternate dan Tidore mengelola sendiri keuangan dan pemerintahannya melalui tanah adat.

“Ini juga kita akan sarankan kepemrintah daerah Bulukumba, selain itu juga kita kesini karena banyak sekali warga Bulukumba khususya dari Kajang dan Bonto tiro, apalagi mau pelantikan KKB disini, atau Kerukunan Kelurga Bulukumba Kota Ternate,”keliknya. (

Untuk diketahui para wakil rakyat yang melakukan kunjungan kerja ke Kota Ternate diantaranya, H Patudangi bersama, Ketua Komisi A, Andi Pangerang Hakim , Supriadi, Swakil ketua komisi A, Ketua komisi D Muh Bakti, Alkhaisar Jainal Ikram, Ahmad Akbar, Khaerul Ibrahim, Ahmad Saiful, dan Pasakai (faj)

  • Bagikan