Hadiri Perayaan HUT IBI , Indah Sebut Bidan Banyak Kontribusi Soal Stunting

  • Bagikan

LUWU UTARA RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani menghadiri seminar kesehatan dalam rangka Hut ke-71 Ikatan Bidan Indonesia (IBI) di Aula Hotel Remaja Masamba, Selasa 26 Juli.

Panitia kegiatan, Bidan Marhaeni menjelaskan tujuan dari kegiatan dapat menambah wawasan dan pengetahuan para bidan dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi.

Lalu Ketua IBI Cabang Luwu Utara, Bidan Nurul Sukma mengatakan, tema HUT IBI ke -71 yaitu Perjalanan panjang profesi bidan mewujudkan Generasi unggul menuju Indonesia Maju.

Ini sejalan dengan beberapa program kegiatan yang melibatkan bidan di desa bekerjasama dengan pemerintah daerah dalam hal ini melibatkan dinas kesehatan dan DP3P2KB Yaitu membentuk Tim pendamping keluarga yang terdiri dari bidan dan Kader PKK.

” Disamping itu juga sebagai mitra profesional pemerintah menjalankan peran dalam pelayanan pencegahan Stunting melalui pendekatan kesehatan gizi dan KB. Pada kesempatan ini kami melaporkan bahwa jumlah bidan yang ada di luwu utara berjumlah kurang lebih 700 orang, keberadaan tenaga bidan tersebar di semua instansi pemerintah dan swasta baik sebagai tenaga ASN maupun Non ASN,” paparnya.

Bupati Luwu Utara yang kerap disapa IDP mengapresiasi kegiatan ini. Dirinya memberikan ucapan selamat atas HUT IBI ke – 71.

“Terimakasih kepada Teman-teman Bidan banyak sekali pencapaian yang sudah kita raih khususnya di sektor kesehatan salah satunya di sumbang oleh teman-teman bidan seperti percepatan penurunan angka stunting Itu semua di capai karena peran serta dari teman-teman bidan oleh karna itu jangan pernah insecure dengan profesi kita,” jelasnya.

Bupati dua periode ini menjelaskan, IBI banyak melakukan wujud kolaborasi yang dampaknya adalah penurunan angka stunting.

Indah mengaku tak pernah meragukan kualitas SDM para Bidan. Namun yang menjadi tugas kedepan adalah terkait promotif dan prefentif dimana Kita mengambil bagian di dalamnya.

Kami berharap banyak kepada kita terkait pelayanan promotif dan prefentif sehingga masyarakat percaya mereka berada di tangan yang tepat. Terimakasih kepada kita semua saya tau kita semua sudah bekerja luar bisa tahun ini dalam bentuk apresiasi Pemerintah daerah akan memberikan perlindungan BPJS ketenagakerjaan kepada kita,” jelasnya

  • Bagikan