Kades Dianjurkan Dukung Program Pengadaan Bibit Unggul Bupati

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Salah satu program Pemerintahan Andi Muchtar Ali Yusuf bersama wakilnya, Edy Manaf yakni pengadaan bibit unggul untuk para pertani.

Saat ini, Pemerintah Kabupaten Bulukumba Tahun Anggaran 2022 melalui kegiatan Pengembangan Bibit Unggul pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan telah mengalokasikan bantuan Bibit Durian Musangking Kaki Tiga sebanyak 1.100 pohon yang diserahkan kepada 3 kelompok tani di Desa Balangpesoang 600 pohon dan 2 Kelompok Tani di Desa Baruga Riattang 500 pohon.

Humas Pemkab Bukukumba, Andi Ayatullah Ahmad belum lama ini mengatakan, saat ini pemerintah daerah telah merealisasikan pembagian bibit unggul ke sejumlah kelompok tani.

Dikatakan, penyerahan bibit gratis itu bersumber dari APBD, dana selanjutnya akan dianggarkan melalui anggaran dana desa.

“Ini baru APBD, belum yang dianggarkan setiap desa. Jadi yang sudah di bagian melalui APBD itu total anggarannya di DPA Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan sebesar Rp 220 juta,” terangnya.

Kemudian selain itu, pemerintah desa diharapkan ikut mendukung program pengadaan bibit unggul melalui anggaran dana desa. Hanya saja dikatakan pengadaan itu sifatnya tidak wajib.

“Tergantung dari desanya, bukan kewajiban tapi dianjurkan untuk mendukung program bibit unggul sesuai kondisi wilayah, agar ke depan Bulukumba bisa menjadi sentra buah-buahan unggul,” ujarnya.

Sedangkan untuk anggarannya sendiri, setiap desa yang menganggarkan dianjurkan rata-rata Rp 200 juta perdesa untuk pengadaan bibit unggul.

“Jadi pengadaannya pertahun dalam satu periode,” tambahnya.

Sementara itu mantan Kepala Desa Tanah Toa, Kecamatan Kajang, Abdul Salam mengaku jika dirinya kembali terpilih sebagai kepala desa memang salah satu programnya adalah akan menganggarkan pengadaan bibit unggul.

“Insya Allah kalau saya terpilih lagi akan menganggarkan bibit unggul,” singkatnya. (faj/has/B)

  • Bagikan