Dinas Perpustakaan Kota Makassar Optimis Target 1000 Paccarita Lorong Terpenuhi Sebelum 17 Agustus

  • Bagikan

MAKASSAR, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID – Dinas Perpustakaan Kota Makassar berhasil merekrut 500 paccarita lorong yang dipersiapkan untuk 1000 Lorong Wisata. Meski baru memenuhi 50 persen dari target 1000 paccarita lorong, tapi usaha menghadirkan 500 paccarita lorong mendapat apresiasi yang luar biasa. 500 Paccarita Lorong ini dikumpulkan hanya dalam waktu dua minggu. “Kami targetkan selama seminggu terakhir ini sebelum 17 Agustus sudah bisa terkumpul 1000 paccarita lorong yang akan membackup Lorong Wisata Makassar,” ujar Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar, Tenri A. Palallo, Kamis 11 Agustus 2022. Lorong Wisata ini akan dilaunching oleh Walikota Makassar Danny Pomanto pada 17 Agustus 2022.

Dijelaskan Tenri, 1000 Paccarita Lorong merupakan pendongeng yang lahir dari partisipasi warga terutama masyarakat yang ada di lorong-lorong Kota Makassar. “Kami sangat surprise karena antusiasme masyarakat terutama ibu-ibu dan anak remaja sangat besar untuk terlibat dan menjadi paccarita lorong,” ujar Tenri.  1000 Paccarita lorong ini tersebar di semua kecamatan yang ada di Kota Makassar.

“Saat ini yang sudah masuk dalam sistem kami ada 90 sampai 100 paccarita lorong di setiap kecamatan. Ini pun masih bertambah karena tim yang turun ke lapangan dan masuk ke lorong-lorong terus bekerja,” terang Tenri.

Paccarita Lorong ini akan dibekali dengan berbagai isu penting untuk dijadikan bahan saat mendongeng di 1000 Lorong Wisata. Seperti isu pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, isu kesehatan ibu anak, masalah gizi dan stunting sampai persoalan setop perkawinan anak dan setop kekerasan terhadap perempuan dan anak.

“Literasi melalui paccarita lorong adalah terobosan penting yang melibatkan masyarakat. Dengan demikian warga di lorong-lorong pun bisa paham dan terlibat langsung dalam proses pembangunan,” tutur Tenri. (nad)

  • Bagikan