NKP Beli Karet Petani Sulawesi Selatan

  • Bagikan

BULUKUMBA,RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- PT New Kalbar Processor (NKP), anak perusahaan PT Kirana Megatara tbk (KMG), kembali unjuk gigi dalam percaturan rantai pasok karet di Indonesia. Kali ini Sulawesi Selatan yang menjadi targetnya. Berlokasi di Kecamatan Kajang, Kabupaten Bulukumba, Kamis, 12 Agustus 2022, NKP berhasil melakukan pembelian karet perdana untuk dikirim ke pabrik di Kalimantan Barat.

Deputy Chief Regional Operation Officer KMG, Benny Singgih, menuturkan bahwa pembelian karet di Sulawesi Selatan ini merupakan salah satu gebrakan NKP untuk dapat lebih dekat dengan petani-petani yang ada di provinsi potensial karet yang selama ini belum terjangkau, salah satunya Sulawesi Selatan.

"Petani merupakan aktor penting dalam industri karet karena memiliki porsi lebih dari 85 persen pengelolaan karet di Indonesia. Kami akan berupaya terus mendekatkan diri ke petani, melakukan pembinaan petani yang secara tidak langsung akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan petani. Hal ini sejalan dengan program kemitraan petani yang telah dijalankan oleh NKP dan pabrik2 KMG lainnya, selama 1 dekade terakhir," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Manager Pembelian NKP, Hendry, menjelaskan bahwa NKP sangat terbuka bagi petani yang ingin menjual karetnya dengan konsep 3T ( Timbangan TEPAT, Harga TRANSPARAN, dan dibayar TUNAI).

"Kami juga akan menempatkan 1 officer yang bertugas memberikan layanan pendampingan petani secara gratis untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas karet petani," jelasnya.

Dalam acara pembelian perdana tersebut, turut hadir manajemen NKP kantor pusat (Hendy Endarwan, Chief Supply Chain and IT Officer KMG, Evan Boy, Depo Ranger Sourcing Dept. Head), dan supplier setempat.

  • Bagikan