Keliling Pasar Cekkeng, Herfida Attas Ajak Pedagang  Jaga Kebersihan dan Pertahankan Makanan Tradisional

  • Bagikan
Herfida Attas saat berbincang dengan pedagang makanan tradisional di Pasar Cekkeng, Selasa 16 Agustus 2022.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID – Andi Herfida Attas, istri Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf menyempatkan berkeliling di Pasar Cekkeng Bulukumba, Selasa 16 Agustus 2022. Sambil jogging dari Rumah Jabatan Bupati Bulukumba menuju Lapangan Pemuda Bulukumba, Andi Herfida menyempatkan mampir di Pasar Cekkeng dan melihat langsung aktivitas para pedagang di pasar tradisional itu.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Makassar ini mengaku senang dan happy bisa berbelanja makanan tradisional di Pasar Cekkeng. “Pasar Cekkeng ini sudah sangat terkenal sama seperti Pasar Malino di Gowa. Jadi kalau ada wisatawan yang datang ke Bulukumba, rasanya tidak sah kalau belum singgah di Pasar Cekkeng,” katanya.

Pasar Cekkeng yang buka mulai subuh sampai siang hari memang menjadi pesona tersendiri. Di sini kita bisa menemukan hampir semua kebutuhan sehari-hari. Bahkan saat musim buah tiba, Pasar Cekkeng adalah surga para pemburu buah-buahan seperti Durian, Rambutan dan Manggis. Selain buah-buahan, wisatawan biasanya mencari gula aren khas Bulukumba, lemmang, ikan asap, sampai petai.

Herfida optimis jika dijaga dengan baik terutama kebersihan pasar dan para pedagang ditata lebih rapi lagi, keberadaan Pasar Cekkeng akan lebih menarik dibanding pasar-pasar lain di Sulsel. Saat berbincang dengan para penjual makanan seperti buras, lemmang dan kue-kue tradisional di Pasar Cekkeng, Herfida menitip pesan agar para pedagang bisa menjaga kebersihan dan mempertahankan eksistensi makanan tradisional terutama khas Bulukumba.

“Ini bagus sekali bu, karena kita kalau mau makan makanan tradisional sudah tahu harus ke mana. Tolong tetap dijaga kebersihannya ya,” kata Herfida yang disambut hangat para pedagang yang rata-rata perempuan.

Sebelum meninggalkan Pasar Cekkeng, Herfida tak lupa membeli kue-kue dan makanan tradisional seperti cangkuning, sokko pipi dan telur asin, serta nasi kuning yang dibagi-bagikan kepada tukang sapu yang ditemui di sepanjang jalan dari Pasar Cekkeng menuju Lapangan Pemuda Bulukumba. (nad)

  • Bagikan