Raker Dekranasda Bulukumba, Andi Herfida Attas Tekankan Kesejahteraan Perajin dan Kebersamaan

  • Bagikan
Ketua Dekranasda Bulukumba Andi Herfida Attas saat memimpin Raker Dekranasda Bulukumba.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pengurus Dekranasda Kabupaten Bulukumba menggelar Rapat Kerja (Raker), Sabtu 1 Oktober 2022 di Ruang Rapat Bupati Bulukumba. Raker pertama yang dilaksanakan setelah dilantiknya pengurus Dekranasda Bulukumba ini dipimpin langsung Ketua Dekranasda Bulukumba, Ir Hj. Andi Herfida Attas. Istri Bupati Bulukumba menyampaikan rasa bangga dan terima kasih karena para pengurus berkomitmen untuk melaksanakan program kerja di tengah segala keterbatasan anggaran.

"Kita ini organisasi yang tidak memiliki dana khusus dari pemerintah. Tapi kita punya OPD yang menjadi mitra Dekranasda. Setiap program yang kita buat kita kawinkan dengan program dinas terkait. Ingat, fungsi utama kita mengurusi UMKM craft yang ada di Bulukumba. Kita harus fokus, tidak usah terlalu banyak yang diurusi," urai Andi Herfida Attas saat memberikan sambutan pada pembukaan Rapat Kerja yang dihadiri puluhan pengurus.

Andi Herfida menambahkan, saat ini Deknaras meminta Dekranasda di setiap kota dan kabupaten menghidupkan kembali eksistensi penenun. "Dulu penenun terlihat tapi belakangan sudah jarang lagi kita temukan penenun. Ini jadi PR bersama. Makanya kemarin saat pelantikan Dekranasda saya tidak beli sutra di Makassar tapi memesan khusus ke perajin Bulukumba. Kalau mau gampangnya ya pesan di Makassar tapi dengan begitu terlihat bahwa kita tidak punya niat membantu perajin kita sendiri," ujar Herfida.

Saat ini para penenun memang mengalami banyak kendala dalam memproduksi hasil tenunannya. Terutama soal kelangkaan dan naiknya harga benang sebagai bahan baku tenunan. "Saat kita memesan dalam jumlah banyak, perajin agak kewalahan. Nah fungsi kita di sini untuk mencarikan solusi dan terus mendampingi para perajin," terang Herfida yang juga Kadis Kebudayaan Kota Makassar.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada para perajin dan pengurus yang baru saja mengharumkan nama Bulukumba di Kriyanusa 2022, pameran nasional yang menobatkan salah satu produk dari Atap Konjo sebagai produk unggulan. "Alhamdulillah kemarin kita mendapatkan penghargaan nasional meski Dekranasda berangkat dengan biaya sendiri. Saya tidak mau hanya membawa produk dari perajin tapi perajinnya sendiri harus ikut hadir dalam pameran dan expo. Apapun produk yang kita bawa harus bawa perajinnya. Kemarin itu kita disupport secara pribadi oleh Pak Bupati. Ke depan kita mau perajin kita berkembang dan sejahtera. Komitmen Deekranasda Bulukumba seperti itu," tegasnya.

Saat ini yang menjadi fokus pengurus adalah memiliki kantor untuk Dekranasda. Kantor ini akan difungsikan sebagai Galeri Dekranasda sebagai wadah promosi untuk produk-produk kerajinan dan IKM. Pengurus juga sudah melakukan pendataan dan hasil pendataan akan dikurasi, produk mana yang bisa ditampilkan.

Dekranasda Bulukumba dengan enam bidang yakni Bidang Daya Saing Produk, Bidang Manajemen Usaha, Bidang Pameran dan Kemitraan, Bidang Promosi, Humas dan Publikasi, Bidang Wirausaha Baru, dan Bidang Pendanaan optimis mampu bekerja dan mewujudkan cita-cita mulia membangkitkan dan mensejahterakan perajin.

Turut hadir pada Raker Dekranasda anggota DPRD Bulukumba Andi Rantina, Andi Herlina, Wakil Ketua Dekranada Intang Ali Saleng, Ketua Harian Kadis Perdagangan Perindustrian, Koperasi dan UKM, Wakil Ketua Harian A. Irma Damayanti, Sekretaris Hj. Hamrina A. Muri, dan Staf Ahli Dra A. Muliaty Nur. (nad)

  • Bagikan