Tenun Kajang dan Tenun Bira Berkibar di Panggung Nona Fashion Week 2022

  • Bagikan
Ketua Dekranasda Bulukumba Andi Herfida Attas berpose bersama desainer Defrico Audy dan para model yang menampilkan tenun Kajang dan Bira di Nona Fashion Week.

MAKASSAR, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Event mode yang diklaim terbesar di Sulawesi Selatan tahun 2022 ini, Nona Fashion Week dan Modern Women’s Exhibition 2022 menjadi saksi kesaktian kain tenun Kajang dan tenun Bira yang memukau pengunjung saat opening ceremony, di Four Points by Sheraton Makassar, Rabu malam 26 Oktober 2022.

Pekan mode Nona Fashion Week dan Women’s Exhibition 2022 tersebut merupakan event mode perdana yang digelar di Sulawesi Selatan, mulai  26-30 Oktober 2022 mendatang.

Salah satu designer kenamaan tanah air, Defrico Audy unjuk karya spektakulernya di ajang Nona Fashion Week dan Modern Women’s Exhibition 2022 dengan mengambil kain tenun Kajang dan Bira dari  Kabupaten Bulukumba.

Designer papan atas tanah air itu menampilkan  koleksi kain nusantara khas Kajang dan Bira Kabupaten Bulukumba di hadapan para pengunjung Nona Fashion Week and Modern Women’s Exhibition 2022.

Kepada wartawan, Defrico Audy mengatakan dirinya membuat karya dari kain Kajang dan Bira ini bukan tanpa sebab. Ia mengaku tertarik mendesain kain dari Kabupaten Bulukumba ini karena terinspirasi dari kisah historinya terutama kain Kajang.

“Saya pakai bahan tenun Kajang dan Bira. Kain tenun yang memiliki nilai histori dari Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan. Saya sangat bangga membuat koleksi dari kain Kajang dan Bira Bulukumba,” beber designer ternama tersebut.

Ia juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Ibu Bupati Bulukumba yang begitu mendukung dan mensupport dirinya dalam membuat karya  menggunakan kain tenun Kajang dan Bira.

“Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada bapak dan Ibu Bupati yang begitu mendukung dan mensupport proses karya ini. Sangat bangga bisa berkolaborasi dengan Dekranasda Bulukumba untuk mengangkat kain tenun nusantara dari Bulukumba, ” bebernya.

Paduan Kain tenun Kajang dan Bira di ajang  Nona Fashion Week and Modern Women’s Exhibition 2022 sungguh membuat semua pengunjung terpukau. Kain tenun Kajang dan Bira tampak elegan di atas panggung Nona Fashion Week 2022.

Sedikitnya ada 12 look dari koleksi yang bertema Bulukumba Happy karya Defrico Audy.

Disampaikan Audy juga bahwa karyanya yang dibuat dari kain tenun Kajang dan Bira itu, akan ditampilkan juga di berbagai ajang show di tanah air maupun di luar negeri

“Insya Allah akan saya bawa ke beberapa panggung mode untuk memperkenalkan kain nusantara salah satunya kain tenun Kajang dan Bira ini,” ujarnya lagi.

Andi Herfida Attas, Ketua Dekranasda Bulukumba mengaku bangga karena impiannya melihat kain tenun Kajang dan Bira bisa tampil di panggung mode ternama bisa terwujud.

Sebagai Ketua Dekranasda sepak terjang Andi Herfida memang tak diragukan lagi. Ia bahkan rela keluar masuk pelosok desa untuk bertemu dengan para penenun dan mencoba menjawab setiap permasalahan para perajin.

“Insya Allah ini bukan event yang pertama di mana kain tenun Kajang dan Bira bisa ditampilkan dalam ajang fashion show. Kita akan bawa terus kain Kajang dan Bira agar lebih dikenal masyarakat luas,” katanya.

Untuk bisa melihat bagaimana proses kain tenun Kajang dibuat, pengunjung bisa mendatangi booth Kabupaten Bulukumba di ajang pameran di Four Point Makassar. (nad)

  • Bagikan