Momen Hari Jadi Gowa, Adnan Persembahkan Perpustakaan Modern Senilai Rp12 M

  • Bagikan

GOWA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Kabupaten Gowa kini resmi memiliki gedung layanan perpustakaan yang modern. Perpustakaan mewah itu terletak di Jalan Masjid Raya, No 36 Kelurahan Sungguminasa, Kecamatan Somba Opu.

Gedung layanan perpustakaan Kabupaten Gowa itu diresmikan langsung oleh Kepala Perpustakaan Nasional RI, Muhammad Syarif Bando bersama Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, Rabu 16 November 2022. 

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gowa, Ratnawati mengatakan, lokasi perpustakaan ini sangat strategis karena terletak di tengah-tengah kota Sungguminasa, dekat dengan sekolah, dan taman Sultan Hasanuddin. 

Dia menyebutkan, gedung layanan perpustakaan ini dibangun di atas lahan Pemkab Gowa dengan luas bangunan 990 meter yang merupakan bantuan dari Perpustakaan Nasional RI melalui dana alokasi khusus (DAK) tahun anggaran 2021 sebesar Rp 10 Miliar. 

Tak hanya itu, pemerintah Kabupaten Gowa juga ikut mengalokasikan APBD anggaran tahun 2022 sebesar Rp 2 Miliar lebih untuk melengkapi fasilitas yang ada di dalam perpustakaan ini. 

"Kami ucapkan terima kasih kepada kepala Perpustakaan Nasional RI dan Bupati Gowa yang telah memprakarsai terbangunnya gedung layanan perpustakaan Gowa ini ," katanya. 

Lanjut Ratnawati mengatakan, gedung ini terdiri dari 4 lantai. Lantai 1 digunakan untuk parkir dan tempat pertemuan. Lantai 2 layanan resepsionis dan layanan keanggotaan, ruang pengelolaan perpustakaan, dan layanan internet. 

Kemudian lantai 3 disediakan fasilitas bermain untuk anak-anak, teras baca dan teras terbuka dan lain sebagainya. Selanjutnya lantai 4 disediakan cafe bagi pengunjung sambil membaca. 

Fasilitas lainnya kata dia, yaitu perpustakaan ini memiliki koleksi buku sebanyak 11.271 exampelar dengan jumlah judul buku sebanyak 4.601. 

"Sekali lagi kami sampaikan terima kasih berkat dukungan semua pihak sehingga Gowa bisa memiliki perpustakaan," tuturnya. 

Ratnawati berharap dengan hadirnya perpustakaan ini pihaknya berkeyakinan semangat membaca masyarakat Gowa bisa meningkat sehingga kabupaten Gowa bisa lebih maju lagi di masa yang akan datang. 

Sementara itu, Kepala Perpustakaan Nasional RI, Muhammad Syarif Bando sangat mengapresiasi hadirnya gedung layanan perpustakaan ini. 

"Ini satu-satunya perpustakaan yang kita resmikan di seluruh Indonesia ini yang langsung bernuansa perpustakaan lengkap dengan artefaknya," ujarnya. 

Dia berharap hadirnya perpustakaan ini bisa menjadi penggerak dalam meningkatkan minat baca masyarakat Gowa. 

Dia menjelaskan, bahwa kegiatan peresmian ini merupakan salah satu program Presiden Joko Widodo 2020-2024 dalam upaya pendekatan sumber daya manusia. 

"Dengan tingginya minat baca masyarakat, kita harap dapat mengurangi jumlah pengangguran yang ada di Indonesia," katanya. 

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan yang turut menyampaikan sambutan menambahkan bahwa, kabupaten Gowa memiliki program prioritas utama adalah pendidikan. 

Sebab kata dia, Gowa ingin membangun sumber daya manusia yang berkualitas di masa yang akan datang. Untuk membangun SDM yang berkualitas itu maka fasilitasnya harus disiapkan. 

"Salah fasilitas yang kami siapkan yakni dengan membangun perpustakaan ini. Makanya kami ajak masyarakat secara umum datang ke perpustakaan milik Gowa ini jika ingin menambah wawasan dan pengetahuan," tuturnya. 

Adnan pun tidak lupa menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pihak pemerintah dalam hal ini Perpustakaan Nasional RI yang telah memberikan bantuan sehingga Gowa bisa memiliki perpustakaan. 

"Meskipun sempat tertunda karena pandemi, namun alhamdulilah perpustakaan Gowa hari ini bisa kita resmikan bersama-sama," pungkasnya. (Hendra)

DATA DAN FAKTA:

1. Perpustakaan Kabupaten Gowa dibangun menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK)  sebesar Rp 10 Miliar. 

2. Pemkab Gowa alokasikan APBD sebesar Rp 2 Miliar lebih untuk melengkapi fasilitas perpustakaan. 

3. Perpustakaan Kabupaten Gowa memiliki beberapa fasilitas diantaranya, ruang khusus pembaca, ruang pertemuan, cafe dan teras terbuka. 

4.Perpustakaan Gowa memiliki koleksi buku sebanyak 11.271 exampelar dengan jumlah judul buku sebanyak 4.601. 

5. Pembaca dapat membaca buku secara online melalui aplikasi I-Gowa. 

6. Perpustakaan Gowa memiliki fasilitas mobil perpustakaan keliling yang diserahkan oleh Kepala Perpustakaan Nasional RI. 

  • Bagikan