Aksi Donor Darah 16 HAKTP di Bulukumba Kumpulkan 17 Kantong Darah

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pelaksanaan 16 Hari Kampanye Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (HAKTP) di Kabupaten Bulukumba dirangkaikan dengan kegiatan donor darah. Aksi Donor Darah ini dilaksanakan di Kantor RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID, Sabtu pagi 3 Desember 2022.

Kepala Instalasi Transfusi Darah, dr Nurhayati mengatakan, sebanyak 17 kantong darah berhasil dikumpulkan selama tiga jam. Hasil tersebut berdasarkan kelayakan pendonor dari puluhan relawan yang bersedia.

Rangkaian pemeriksaan fisik singkat yang dilakukan meliputi pemeriksaan tekanan darah, dan pemeriksaan hemoglobin. Syarat utama donor darah sendiri memiliki standar usia minimal 18 tahun dan maksimal 65 tahun dengan berat badan ideal minimal 50 kg, dalam kondisi sehat, dan tidak bertatto.

16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan yang dilaksanakan 25 November sampai 10 Desember diisi oleh aktivis perempuan di Bulukumba dengan menggelar berbagai kegiatan. "Alhamdulillah sejumlah organisasi, komunitas dan OPD terlibat dalam gerakan bersama ini. Dan di Hari Minggu 4 Desember akan ada kampanye bersama yang dilaksanakan di car free day lapangan pemuda Bulukumba," ujar Sunarti Sain, salah satu inisiator kegiatan ini.

Sementara itu, Andi Surti Ketua Srikandi Pemuda Pancasila Bulukumba yang terlibat dalam kegiatan 16 HAKTP menegaskan, kampanye stop kekerasan terhadap perempuan harus terus digaungkan agar tercipta ruang aman bagi perempuan di mana pun berada. (rs)

  • Bagikan