Kebakaran Pasar Sentral Makassar, Kerugian Ditaksir Rp70 Miliar

  • Bagikan

MAKASSAR, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID — Kebakaran ratusan lapak di Pasar Sentral Makassar menyisakan pilu bagi para pedagang.

Para pedagang yang menjual di Blok B Pasar Sentral Makassar, mendapat kerugian puluhan juta per los atau kios. Dalam Blok B Pasar Sentral ini tercatat terdapat 931 los.

Direktur Utama PD Pasar Makassar, Ichsan Abduh Hussein menyampaikan, kerugian secara keseluruhan ditaksir mencapai Rp70 Miliar.

Pasalnya, sebagian besar pedagang telah menyetok barang untuk persiapan Ramadhan tahun depan.

“Jadi itu prediksi saya tadi malam karena ada beberapa pedagang yang saya ambil sampel itu kayak ada baju anak-anak. Mereka punya modal kasian stok barang itu sekitar Rp30-40 Juta. Terus ada baju gamis kurang lebih Rp70-80 juta stoknya. Saya ambil rata-rata, kira-kira kalau satu los misalnya sekitar Rp60 juta kali 900, sekitar Rp50-60 Miliar, sampai Rp70 miliar paling maksimal,” ucapnya ketika ditemui saat meninjau Pasar Sentral, Rabu, (28/12/2022).

Sementara itu, Wali Kota Makassar Danny Pomanto mengatakan, pihaknya akan segera mencarikan solusi.

“Kita akan carikan solusi secepatnya agar mereka bisa berdagang, apalagi menyambut bulan suci Ramadan,” ucap Danny saat meninjau.

Menurutnya, kejadian yang berulang begini harus jadi pelajaran agar bisa meningkatkan sistem keamanan pasar.

Hal itu kata dia jadi bagian penting utamanya terkait kebakaran. Selanjutnya para pedagang akan dipanggil untuk membicarakan langkah selanjutnya.

“Satu dua hari ini saya akan panggil pedagang untuk merumuskan, saya selalu melibatkan mereka semua, walaupun tadi sudah saya sampaikan dan mereka rata" setuju, tapi sebaiknya semua mereka panggil,” tandas orang nomor satu Makassar ini. (selfi/fajar)

  • Bagikan