Baznas Tanggap Bencana Bulukumba Siap Bersinergi dengan Stakeholder

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Baznas Tanggap Bencana (BTB) Bulukumba, siap menjalankan amanah kemanusiaan. Sebanyak 25 orang relawan siap bersinergi dengan stelholder terkait. 

Bertempat di Aula Baznas Kabupaten Bulukumba, Kamis, 5 Januari 2023, relawan BTB melakukan rapat pembentukan struktur dan pembagian tugas, Pasca dikukuhkan 27 November 2022 lalu. Pembentukan struktur dan tugas tersebut mencakup empat bidang, yakni Pengurangan Resiko Bencana (PRB), Respons blBencana, Pengembangan SDM, dan Humas & Infokom.

Komandan BTB Bulukumba, Muh. Awal Ruse menjelaskan, agenda rapat ini sebagai momentum menyusun struktural pengurus BTB, serta membahas kesiapsiagaan para relawan terhadap bencana. Melihat kondisi cuaca buruk yang terjadi beberapa pekan terakhir khususnya di Kabupaten Bulukumba.

Kata Awal, ke depannya BTB akan selalu hadir memberi solusi di tengah-tengah masyarakat dalam mengatasi kebencanaan, baik bencana alam, non alam, mapupun bencana sosial. 

"Insyaallah ke depan kami akan membangun komunikasi dan koordinasi dengan seluruh stekholder, terkhusus BPBD selaku pusat komando dan koordinasi penanggulangan bencana di daerah," jelasnya.

Awal mengaku pihaknya telah merancang program unggulan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di BTB Bulukumba.  Selain relawan BTB, edukasi tentang mitigasi bencana dan kesiap siagaan bencana juga akan diberikan secara langsung kepada masyarakat secara luas. 

"Ini sebagai bekal untuk masyarakat ketika terjadi bencana. Agar mereka bisa paham apa yang harus mereka lakukan ketika bencana itu datang," kata Awal tersenyum. 

Sementara itu, Ketua Baznas Bulukumba, Kamaruddin berharap besar kepada seluruh relawan BTB selalu hadir di tengah masyarakat sebagai garda terdepan demi kemaslahatan umat. 

"Semoga BTB bisa menjadi tumpuan masyarakat Bulukumba tidak hanya pada warga terdampak bencana namun juga pada elemen masyarakat secara menyeluruh," tutupnya. (rls)

  • Bagikan