Mahasiswa Unhas Dampingi Petani Hutan Gantarang

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Kelompok Tani Hutan (KTH) di Kecamatan Gantarang, yakni Desa Bontonyeleng, Bukit Harapan, dan Bukit Tinggi mendapatkan pendampingan dari mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas). Kegiatan ini dalam rangka Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik Perhutanan Sosial.

Kegiatan ini juga merupakan program kerja sama antara Unhas dengan Kementerian Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Dalam proses pendampingan, mahasiswa ditempatkan di masing-masing kelompok tani hutan.


Mereka meluncurkan program-program untuk mendorong kemandirian KTH dalam memanfaatkan hutan untuk menunjang sarana penghidupan petani hutan. Kehadiran para mahasiswa KKN Unhas disambut baik oleh Camat Gantarang, Andi Nurgawati.

"Tentu anak-anak KKN ini akan memberikan pemahamannya untuk membantu mensejahterakan masyarakat khususnya para Kelompok Tani Hutan," kata Andi Nurga saat memberikan sambutan di kegiatan seminar program kerja KKN Unhas di kantor Camat Gantarang, Rabu, 11 Januari 2023.

Andi Nurga berpesan agar mahasiswa dapat beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan keadaan dan budaya masyarakat di lokasi KKN masing-masing.

Sementara itu, Penyuluh Kehutanan KPH Bialo, Imran, menjelaskan penempatan KKN di Gantarang karena dilihat dari geografisnya yang dekat dengan kota.

"Di Gantarang ini daerah yang punya hutan dan lokasinya dekat dengan perkotaan, selain itu di sini juga banyak KTH yang perlu pendampingan," kata Imran.

Imran juga menjelaskan, mahasiswa nantinya akan membantu pengelolaan KTH berdasarkan pengetahuan yang dimiliki oleh masing-masing mahasiswa.


"Jadi misalnya ada yang jurusan tehnik Geologi, nanti akan membantu KTH untuk memetakan potensi di hutannya yang dapat dikelola oleh para petani," jelasnya.

Diketahui, KKN Tematik ini akan berlangsung selama dua bulan. Kegiatan ini sudah merupakan yang kedua kalinya ditempatkan di Kabupaten Bulukumba. (baso marewa)

  • Bagikan